Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cek Masa Kedaluwarsa Kosmetik, Intip Kode Rahasia yang Ada di Kemasan

Produk kosmetik, apalagi produk skin care, sebaiknya dikonsumsi selama belum tiba masa kedaluwarsanya.

Skin care adalah bahan kimia atau herbal yang dimaksudkan untuk masuk meresap ke pori-pori kulit, kemudian menetap di sana untuk menyehatkan sel-sel kulit.

Jadi bahan yang digunakan sebaiknya adalah bahan-bahan yang masih dalam masa pakai terbaik, agar tak menimbulkan berbagai iritasi pada kulit.

Dilansir dari Insider, kosmetik dan skin care yang sudah lewat masa pakainya biasanya akan berubah tekstur. Sehingga akan susah diaplikasikan, karena mungkin terjadi pengentalan atau pemadatan.  

Selain itu, bahan kosmetik yang sudah tak layak pakai ini juga bisa menyebabkan iritasi karena sudah banyak ditumbuhi bakteri. 

Cara cek masa kedaluwarsa kosmetik

Untuk memeriksa masa pakai terbaik atau melihat tanggal kedaluwarsa, cukup lihat di kemasan kosmetik dan skin care yang ada. 

Biasanya pada kardus atau plastik bungkus kemasan, akan jelas tertulis tanggal kedaluwarsa dari produk kosmetik yang ada. Namun jika kemasan kardus sudah hilang, Anda bisa menilik dari kode kecil yang ada di kemasan kosmetik.

Biasa ada di kosmetik berbentuk krim dan lotion, angka pada simbol ini menerangkan berapa lama produk akan berada dalam masa pakai terbaiknya setelah kemasan dibuka pertama kali.

Jika tertera 24 M, berarti produk aman digunakan selama 24 bulan alias satu tahun lamanya. 

PAO pertama kali dikenalkan pada tahun 2005 oleh Komisi Eropa, dalam rangka melindungi konsumen dari bahaya kosmetik basi.

Dalam aturan yang tertulis, berbagai bahan kosmetik yang memiliki masa simpan di bawah 30 bulan, harus meletakkan simbol ini di label produknya.

Jadi meski berupa kosmetik bermerek ternama dan mahal, jika sudah lebih dari dua tahun semenjak dibuka, sebaiknya dibuang agar tak membahayakan wajah Anda.

Sedangkan lipstik dan pelembab bibir, memiliki masa pakai lebih singkat. Jadi setahun setelah dibuka, sebaiknya ganti lipstik Anda dengan yang baru.

Setelah lewat satu tahun dibuka tutup, lipstik akan mengalami perubahan tekstur. Seperti lebih kering atau malah lebih lembek.

Simbol PAO pada lipstik sangat kecil, mengingat kemasan lipstik yang ada juga sangat ramping dan mini.

Kemudian maskara, juga memiliki masa pakai seperti lisptik. Jadi setelah setahun dibuka, atau setelah produk menjadi lebih kering daripada sebelumnya, buang maskara dan ganti dengan yang baru agar tak menimbulkan iritasi pada mata.

https://www.kompas.com/tren/read/2021/06/03/133000265/cek-masa-kedaluwarsa-kosmetik-intip-kode-rahasia-yang-ada-di-kemasan

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke