Memperpanjang Usia Simpan Produk Kosmetik dan Skin Care

Kompas.com - 29/04/2021, 13:00 WIB
Cara memperpanjang usia simpan kosmetika Unsplash/Raphael LovaskiCara memperpanjang usia simpan kosmetika

KOMPAS.com - Produk kosmetika memiliki shelf life atau usia simpan masing-masing. Shelf life adalah batas dimana produk aman untuk digunakan, mengingat produk kosmetik dan skin care terbuat dari beragam bahan kimia. 

Dilansir dari Huffpost, spesialis kulit terpercaya asal Amerika, Harold Lancer, mengatakan bahwa produk kosmetik yang menggunakan bahan-bahan berkualitas biasanya memiliki shelf life lebih dari satu tahun lamanya.

Namun produk kosmetik yang mengggunakan bahan-bahan kelas medium, biasanya hanya memiliki usia pakai terbaik di bawah enam bulan lamanya.  

Pemakaian kosmetik, khususnya skin care, harus sangat cermat agar tak "melukai" kulit. Jika berbentuk krim, maka Anda harus sangat hati-hati dalam memperhatikan perubahan teksturnya.

Karena bahan skin care berbentuk krim, gampang berubah tekstur jika sudah terbuka dan bersentuhan dengan udara bebas.

Baca juga: Peduli Bumi, 5 Brand Kosmetik Ini Menerima Sampah Sisa Produknya

Ciri produk yang sudah tak layak pakai

Jika kemasan masih ada, sangat mudah melihat tanggal kedaluarsa dari produk kosmetik dan skin care yang ada.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Namun jika kemasan sudah terbuang begitu Anda membuka produk, maka satu-satunya jalan melihat apakah produk masih layak digunakan atau tidak adalah dengan melihat kondisi kosmetik yang ada.

Khusus untuk bahan berbentuk krim, singkirkan produk jika ada perubahan tekstur seperti krim yang menjadi semakin padat atau justru semakin encer.

Perubahan aroma, juga merupakan barometer paling kentara yang menandakan produk sudah tak layak pakai.

Sedangkan bedak padat dan bedak dapur yang tersimpan lama berbulan-bulan namun dalam kondisi segel masih terpasang, biasanya masih bisa digunakan karena produk belum terkontaminasi dengan radikal bebas.

Ilustrasi varian warna lipstik untuk kulit wanita Indonesia (Dok. Freepik) Ilustrasi varian warna lipstik untuk kulit wanita Indonesia (Dok. Freepik)

Halaman:

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.