Kompas.com - 18/05/2021, 11:28 WIB
Pada file foto 6 Mei 2021 ini, petugas kesehatan mencoba menyesuaikan masker oksigen seorang pasien di rumah sakit lapangan jumbo BKC, salah satu fasilitas COVID-19 terbesar di Mumbai, India. AP PHOTO/RAFIQ MAQBOOLPada file foto 6 Mei 2021 ini, petugas kesehatan mencoba menyesuaikan masker oksigen seorang pasien di rumah sakit lapangan jumbo BKC, salah satu fasilitas COVID-19 terbesar di Mumbai, India.

KOMPAS.com - Belum selesai dengan lonjakan kasus Covid-19, India kini menghadapi infeksi jamur hitam.

Infeksi jamur hitam ini disebut juga mukormikosis, merupakan infeksi jamur yang agresif dan sulit diobati.

Dokter di India mencatat lonjakan kasus mukormikosis di antara pasien Covid-19.

Melansir India Today, Minggu (16/5/2021), beberapa daerah di India telah melaporkan jumlah kematian dan sekitar 2.000 kasus infeksi jamur hitam lain yang belum dikonfirmasi di negara bagian.

Baca juga: Dihantam “Tsunami” Covid-19, India Kini Dibayangi Topan Raksasa

Lantas, apa itu infeksi jamur hitam?

Penyebab mukormikosis

Dokter spesialis penyakit menular dari Rumah Sakit Fortis, Mulund, Mumbai, dr Anita Mathew, menjelaskan, mukormikosis terjadi karena infeksi jamur.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Infeksi ini serius tetapi jarang terjadi. Penyebabnya, sekelompok jamur yang disebut Mucormycetes.

Mucormycetes bisa berasal dari mana saja, baik itu lingkungan atau di alam.

Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit India, jamur ini hidup di lingkungan, terutama di tanah dan bahan organik yang membusuk, seperti daun, tumpukan kompos, atau kayu busuk.

Menjangkiti pasien dan penyintas

Melansir Al Jazeera, Kamis (13/5/2021), pasien dengan Covid-19 memiliki kekebalan yang lemah dan banyak dari mereka yang memakai steroid untuk mengontrol respon hiperimun, sehingga membuat mereka rentan terhadap infeksi jamur lain seperti mukormikosis.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X