Kompas.com - 07/05/2021, 17:30 WIB
Bandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten, dipadati calon penumpang pada Rabu (5/5/2021). Para calon penumpang memanfaatkan hari ini untuk mudik ke kampung halaman karena mulai Kamis besok, larangan mudik sudah mulai berlaku. KOMPAS.com/IhsanuddinBandara Soekarno Hatta di Tangerang, Banten, dipadati calon penumpang pada Rabu (5/5/2021). Para calon penumpang memanfaatkan hari ini untuk mudik ke kampung halaman karena mulai Kamis besok, larangan mudik sudah mulai berlaku.

KOMPAS.com - Sebuah video memperlihatkan sejumlah orang turun dari pesawat dan menuju ke bandara viral di media sosial pada Selasa, (4/5/2021).

Pengunggah yakni akun Twitter bernama Alvin Lie menuliskan bahwa apakah rombongan merupakan WN China atau WNI yang pulang ke Indonesia.

"Mohon kejelasan kebijakan pergerakan manusia selama pandemi. Apakah penumpang China Southern hari ini (4 Mei 2021) WNI yg pulang ke Indonesia atau WNA yg datang?
Turis?
TKA?
Kita wajib lindungi rakyat kita dari penularan impor@kemenhub151
@KemenkesRI
@DitjenImigrasi," tulis Alvin dalam twitnya.

Video berdurasi 13 detik itu telah ditonton sebanyak 12.800 kali dan telah disukai sebanyak 1.229 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Berikut penjelasan Imigrasi mengenai hal tersebut.

Baca juga: Dua dari 85 WNA China yang Masuk Indonesia Positif Covid-19

Penjelasan Dirjen Imigrasi

Dilansir dari Kompas.com, (6/5/2021), Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi, Arya Pradhana Anggakara mengungkapkan, ada 85 warga negara (WN) China dan 3 WNI mendarat di Indonesia pada Selasa, (4/5/2021).

Adapun maskapai yang digunakan yakni China Southern Airlines (charter flight) dengan nomor penerbangan CZ8353 dari Shenzhen di Terminal 3 Kedatangan Internasional Bandara Soekarno-Hatta.

Angga mengatakan, kedatangan puluhan turis dan WNI ini telah melewati pemeriksaan sesuai protokol kesehatan sebelum pemeriksaan keimigrasian.

Tak hanya telah lolos pemeriksaan keimigrasian, dokumen keimigrasian para WN China juga sesuai dengan Peraturan Menteri Hukum dan HAM.

Lalu, bagaimanakah aturan WNI maupun WNA masuk Indonesia?

Baca juga: Begini Aturan Karantina bagi WNI dan WNA dari Luar Negeri

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X