Kompas.com - 07/05/2021, 13:00 WIB
Pesawat Lion Air AirbusPesawat Lion Air

KOMPAS.com - Ramai soal penerbangan Jakarta-Wuhan-Jakarta yang dibuka oleh maskapai penerbangan Lion Air.

Penerbangan ini menjadi kontroversi, karena bertepatan dengan larangan mudik lebaran dari pemerintah, yang tujuannya untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Namun, di saat yang bersamaan malah membuka penerbangan dari luar negeri, khususnya Wuhan.

Lion Air pun mengklarifikasi dan memberikan penjelasannya terkait hal tersebut.

Baca juga: Ramai Rekaman Disebut dari Blackbox Lion Air JT-610, Ini Kata KNKT

Penjelasan Lion Air

Melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Kamis (6/5/2021), Corporate Communications Strategic of Lion Air Danang Mandala Prihantoro menyebut pesawat yang mereka operasikan berstatus pesawat sewa yang telah mendapat izin.

"Lion Air menegaskan dan telah memastikan bahwa penerbangan tersebut bukan penerbangan internasional berjadwal (reguler flight)," kata Danang.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Penerbangan sewa untuk penumpang khusus secara grup (bukan penumpang umum) yang dijalankan oleh Lion Air sudah memenuhi persyaratan terbang dan mendapatkan izin terbang (flight approval) pada 18-19 April 2021 dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Kementerian Perhubungan," lanjut dia.

Selain mendapat izin terbang, Danang menjelaskan penerbangan rute Bandar Udara Tianhe Wuhan-Bandar Udara Soekarno-Hatta Cengkareng itu telah memenuhi persyaratan dokumen.

Dokumen baik perjalananan udara, uji kesehatan, dan dokumen kesehatan yang dinyatakan lengkap.

"Semua penumpang sudah memenuhi syarat keimigrasian seperti dokumen yang menjadi alat bukti diizinkannya seseorang untuk memasuki suatu negara (VISA), Kartu Izin Tinggal Tetap (KITAP), Kartu Ijin Tinggal Terbatas (KITAS) dan mempunyai dokumen kesehatan berupa hasil tes PCR/ swab dengan hasil negatif, mengikuti karantina kesehatan dan telah melakukan 2 kali PCR Test hasil negatif," jelas Danang.

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X