Kompas.com - 05/05/2021, 14:00 WIB
Tangkapan layar unggahan Instagram terkait rekaman CVR Lion JT-610 yang mengalami kecelakaan beberapa tahun yang lalu InstagramTangkapan layar unggahan Instagram terkait rekaman CVR Lion JT-610 yang mengalami kecelakaan beberapa tahun yang lalu

KOMPAS.com - Rekaman suara yang disebut sebagai percakapan antara pilot, copilot dan petugas FA Lion Air JT-610 yang mengalami kecelakaan pada 29 Oktober 2018, beredar di media sosial.

Sebagaimana diketahui, pesawat rute Jakarta-Pangkal Pinang ini sempat dinyatakan hilang kontak sebelum akhirnya dipastikan jatuh di kawasan perairan utara Karawang, Jawa Barat.

Dalam rekaman suara yang beredar, terdengar percakapan antara pilot dan kopilot juga seorang flight attendant (FA) dalam situasi panik akibat adanya masalah dalam pesawat yang mereka kemudikan.

Pilot dan co-pilot terdengan membicarakan berbagai kendala dan mencoba mencari solusi di tengah situasi yang tidak normal.

Rekaman suara terus berlangsung hingga diakhiri dengan keadaan di mana pesawat akhirnya jatuh dan tak terselamatkan.

Berikut penjelasan Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT)

Baca juga: 5 Fakta Pesawat Super Air Jet, Sasar Milenial hingga Low Cost Carrier

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Penjelasan KNKT

Tangkapan layar klarifikasi KNKT mengenai rekaman CVR Lion JT-610 yang beredar luas, melalui unggahan Instagram Story, Selasa (4/5/2021)Instagram Tangkapan layar klarifikasi KNKT mengenai rekaman CVR Lion JT-610 yang beredar luas, melalui unggahan Instagram Story, Selasa (4/5/2021)
Terkait unggahan tersebut, KNKT memastikan suara itu bukan berasal dari pihaknya dan bukan pula rekaman kotak hitam Cockpit Voice Recorder (CVR) yang asli.

Hal itu disebutkan dalam unggahan Instagram Story akun @knkt_ri pada Selasa (4/5/2021).

"KNKT memastikan bahwa rekaman tersebut bukanlah rekaman asli yang berasal dari unduhan FDR maupun CVR milik Lion JT-610.

Dapat dikatakan bahwa data yang ditampilkan ini adalah asumsi dari si pengarang/pemilik akun berdasarkan hasil laporan final yang telah KNKT keluarkan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X