Kompas.com - 29/04/2021, 17:20 WIB
Ilustrasi uang Dok. KredivoIlustrasi uang

KOMPAS.com - Pemerintah melalui Kementerian Keuangan (Kemenkeu) mengalokasikan dana sebesar Rp 30,6 triliun untuk pemberian Tunjangan Hari Raya (THR) bagi PNS, TNI, dan Polri di tahun 2021.

Pencairan THR tersebut akan mulai disalurkan secara bertahap mulai H-10 hingga H-5 Lebaran 2021.

Anggaran yang dialokasikan akan dibelanjakan untuk pusat sebesar Rp 15,8 triliun dan Rp 14,8 triliun untuk daerah.

Baca juga: Cair Mulai H-10, Ini Rincian THR PNS Menurut Golongan

Bagaimana alur pencairan THR untuk PNS, TNI, dan Polri?

Alur pencairan THR PNS, TNI, Polri dan non-PNS

Untuk tahun ini, aturannya belum dikeluarkan. Saat dikonfirmasi, pihak Kementerian Keuangan meminta agar menunggu pengumuman yang akan dilakukan.

Berkaca dari tahun lalu, petunjuk teknis pemberian THR 2020 bagi PNS, TNI, Polri, pegawai non-PNS, dan penerima pensiun atau penerima tunjangan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) diatur melalui Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 49/PMK.05/2020.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

PMK dikeluarkan setelah terbitnya Peraturan Pemerintah (PP) yang ditandatangani oleh Presiden.

Melansir PMK Nomor 49 Tahun 2020, pembayaran THR dibebankan pada daftar isian pelaksanaan anggaran (DIPA) satuan kerja berkenaan.

Khusus untuk lembaga non struktural (LNS) yang bukan satuan kerja, pembayaran THR dibebankan pada DIPA kementerian negara/lembaga/satuan kerja induk LNS.

Lebih lanjut, dalam Pasal 17 dijelaskan bahwa pembayaran THR dilaksanakan melalui surat penerbitan membayar (SPM) langsung oleh pejabat penanda tangan SPM ke rekening penerima.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X