Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Trending KRI Nanggala 402, Doa Keluarga dan Warganet Mengalir untuk Keselamatan Awak Kapal

Kompas.com - 23/04/2021, 10:30 WIB
Mela Arnani,
Rendika Ferri Kurniawan

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pencarian terhadap kapal selam Indonesia, KRI Nanggala 402, yang hilang kontak di Perairan utara Bali terus dilakukan.

Doa dan dukungan dari masyarakat untuk pencarian kapal selam berawak 53 orang ini terus mengalir.

Salah satunya melalui media sosial Twitter. Twit mengenai KRI Nanggala telah mencapai lebih dari 37 ribu cuitan dan masuk dalam daftar trending.

Pantauan Kompas.com, kerabat dari awak kapal yang turut dalam kapal juga meminta doa agar KRI Nanggala 402 segera ditemukan dan seluruh awak dalam keadaan sehat.

“Mohon doanya, salah satu kru #KRINanggala402 yg blm ditemukan di selat bali masih keponakanku. Sertu Dedi, Al-Fatihah. Smoga semua segera ditemukan dengan selamat,” tulis akun @danubudiyono.

“Temen temen. Minta doanya agar papaku dan para awak kapal KRI Nanggala-402 segera ditemukan dan kembali ke rumah dengan keadaan sehat,” tulis akun @siughtheeambiss.

Aliran doa juga mengalir dari segenap warganet di dunia maya.

“Segenap rakyat indonesia mendoakan kselamatan bagi kru KRI Nanggala-402,” tulis salah satu akun.

“Semoga Allah SWT memberikan kemudahan dalam usaha pencarian KRI Nanggala 402. Dan semoga seluruh awaknya juga sehat wal afiat, aamiin,” tulis akun lain.

Kegiatan doa bersama atas peristiwa ini juga dilakukan seluruh prajurit TNI AL, yang disampaikan melalui akun resmi twitter TNI Angkatan Laut, @_TNIAL_.

Baca juga: 4 Fakta Hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala-402, dari Lokasi hingga Kronologi

Upaya pemerintah

Presiden Joko Widodo mengajak masyarakat berdoa agar upaya pencarian dimudahkan dan seluruh awak kapal ditemukan dalam kondisi selamat.

Menurut dia, pemerintah terus mengupayakan yang terbaik dalam proses pencairan dan penyelamatan seluruh awak KRI Nanggala 402.

Ditegaskan bahwa keselamatan 53 awak kapal menjadi prioritas utama.

Baca juga: KRI Nanggala-402, Kapal Selam dengan Motto Tabah Sampai Akhir

Kronologi

Kapal KRI Nanggala-402, kapal selam yang masuk jajaran Komando Armada II Surabaya hilang di perairan utara Bali pada 21 April 2021 pukul 03.00 WIB, saat tengah melaksanakan latihan penembakan senjata strategis di perairan Selat Bali.

Kementerian Pertahanan telah mengkonfirmasi bahwa titik koordinat hilangnya KRI Nanggala-402 terdeteksi di sekitar 60 mil atau 95 kilometer dari utara Bali.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com