Mengenali Radang Sendi pada Anjing dan Kucing Serta Cara Penanganannya

Kompas.com - 22/04/2021, 19:05 WIB
Anjing dan kucing senior rawan terkena arthritis Unsplash/Priscilla Du PreezAnjing dan kucing senior rawan terkena arthritis

KOMPAS.com - Hewan peliharaan, anjing dan kucing, juga bisa terkena arthritis atau radang sendi. Bedanya, mereka tak bisa mengeluh seperti manusia meski tulang dan sendinya terasa nyeri, pegal dan linu.

Arthritis adalah penyakit akibat penuaan yang bisa terjadi pada semua makhluk hidup. Pada arthritis, sendi-sendi berkurang kemampuan kerjanya dan tak bisa lagi mengontrol pergerakan tulang dengan baik.

Jika Anda tak cermat dalam memperhatikan anak-anak bulu Anda, maka penyakit ini tak bisa diketahui secara dini.

Padahal jika tak diobati, radang sendi pada hewan ini bisa memburuk dan berakibat pada berkurangnya fungsi gerak.

Baca juga: Cara Merawat Anjing Senior, Butuh Cinta dan Kesabaran Ekstra

Gejala radang sendi kucing dan anjing

Dilansir dari PetMD, ada beberapa gejala arthritis pada anjing dan kucing yang mudah dikenali. Yang pertama, adalah adanya gangguan gerak pada hewan yang bisa menyebabkan mereka pincang ketika berjalan.

Gejala lain, adalah adanya penurunan aktivitas pada anjing dan kucing. Jika dulu mereka bisa berlari menaiki tangga, kini tak lagi sanggup berlari melainkan hanya berjalan pelan. 

Anjing dan kucing senior yang mengidap arthritis juga menjadi malas melakukan rutinitas yang dulu selalu mereka lakukan, seperti mengikuti Anda kemana pun Anda pergi. 

Karena adanya nyeri dalam setiap pergerakan, maka mereka memilih duduk diam di tempat favorit daripada berdiri dan mengikuti segala aktivitas Anda.

Kucing tua lebih memilih tidur daripada beraktivitas.Unsplash/Tucker Good Kucing tua lebih memilih tidur daripada beraktivitas.

Kucing sendiri memiliki gejala lebih samar daripada anjing, mengingat mereka memang tidak seaktif anjing dalam bergerak.

Jadi untuk mengamati arthritis pada kucing, cermati apakah kucing sering buang air kecil di luar litter box atau tidak. Jika iya, bisa jadi ia memang mengidap radang sendi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X