4 Kapal Selam di Dunia yang Sempat Hilang dan Berhasil Ditemukan

Kompas.com - 21/04/2021, 21:10 WIB
Kapal selam USS Grayback hilang tenggelam dengan 80 pelaut di dalamnya oleh pembom kapal induk Nakajima b5N 26 Februari 1944 Twitter/@AMMWWIIKapal selam USS Grayback hilang tenggelam dengan 80 pelaut di dalamnya oleh pembom kapal induk Nakajima b5N 26 Februari 1944

KOMPAS.com - Kapal selam KRI Nanggala-402 milik TNI Angkatan Laut dikabarkan hilang kontak pada Rabu (21/4/2021) pagi di perairan utara Pulau Bali.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto membenarkan insiden ini.

"Baru izin menyelam, setelah diberi clearance, langsung hilang kontak," kata Hadi mengutip Kompas.id, Rabu.

Baca juga: 4 Fakta Terkait Hilangnya Kapal Selam KRI Nanggala-402 di Bali

Kapal selam buatan Jerman tahun 1978 itu diperkirakan hilang sekitar pukul 03.00 di perairan sekitar 60 mil atau sekitar 95 kilometer dari utara Pulau Bali.

Peristiwa hilangnya kapal selam sebelumnya juga pernah terjadi di dunia. Saat perang dunia bergejolak, ratusan kapal selam hilang. Akan tetapi, ada juga yang berhasil ditemukan.

Berikut 4 kapal selam di dunia yang sempat hilang dan kembali ditemukan.

1. USS Grayback

Kapal selam milik Angkatan Laut Amerika Serikat (AS) USS Grayback tenggelam di Samudra Pasifik selama Perang Dunia II.

Melansir laman resmi Departemen Pertahanan AS, Grayback merupakan satu dari 52 kapal selam AS yang dilaporkan hilang selama konflik besar. 6 kapal selam lain telah ditemukan dalam beberapa dekade.

Saat itu, Grayback menyusuri dasar laut dan diperkirakan tiba di Midway pada 7 Maret 1944. Akan tetapi, kapal itu tidak pernah tiba. Ia terdaftar sebagai dugaan hilang pada 30 Maret 1944.

Baca juga: KRI Nanggala Hilang Kontak, Berikut Insiden Melibatkan Kapal Selam 6 Tahun Terakhir

Sampai akhirnya, pada 5 Juni 2019, Komando Sejarah dan Warisan Angkatan Laut memverifikasi penemuan Grayback.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X