Cara Merawat Anjing Senior, Butuh Cinta dan Kesabaran Ekstra

Kompas.com - 11/04/2021, 19:00 WIB
Ilustrasi anjing senior Unsplash/KanashiIlustrasi anjing senior

KOMPAS.com - Penyayang binatang biasanya akan memelihara anak-anak kaki empatnya hingga takdir atau maut memisahkan. 

Ini berarti, ada kemungkinan para penyayang binatang akan memelihara anjing-anjingnya dari ketika mereka masih bayi hingga menjelma jadi anjing senior atau anjing usia tua. 

Dikatakan anjing senior ketika anjing sudah menginjak usia di atas 6 tahun.

Sama seperti manusia yang mengalami penuaan sel-sel, anjing senior pun mengalami penurunan metabolisme dan sistem kerja seluruh indera yang dimiliknya.

Baca juga: Pentingnya Menemani Anjing dan Kucing yang Tengah Berduka karena Kematian

Tanda penuaan anjing senior

Anjing yang menginjak usia tua mengalami beberapa tanda penuaan, hampir sama seperti manusia.

1. Menurunnya fungsi pendengaran

Anjing tak lagi merespon cepat ketika diajak berkomunikasi secara verbal. Hal ini lantaran ada penurunan kinerja di indera pendengarannya.

Ilustrasi anjing tuaPixabay/PICNIC-foto-soest Ilustrasi anjing tua

Karena kemampuan mendengarnya sudah turun, anjing jadi sering salah dalam menerjemahkan bunyi atau suara. Efeknya, ia akan sering mengonggong tanpa alasan yang jelas.

2. Adanya gangguan pernapasan

Karena metabolisme melambat, anjing pun sering mengalami gangguan pernapasan. Gejala yang paling jelas terlihat adalah anjing akan sering terbatuk tanpa sebab.

Karena napasnya jadi pendek, anjing juga tak lagi sekuat dulu jika diajak berjalan-jalan.

Ketika usia makin tua, kemampuan berjalannya akan semakin pelan dengan jeda istirahat yang semakin meningkat frekuensinya.

3. Penurunan fungsi penglihatan

Jika Anda cermati, anjing senior memiliki selaput mata yang semakin lama semakin putih. Selaput mata ini tak ubahnya katarak pada mata manusia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X