Kompas.com - 21/04/2021, 18:30 WIB
Bangun sahur adalah hal berat bagi sebagian orang. Tapi, kita bisa melatih diri agar terbiasa bangun di waktu sahur. PEXELS/ANDREA PIACQUADIOBangun sahur adalah hal berat bagi sebagian orang. Tapi, kita bisa melatih diri agar terbiasa bangun di waktu sahur.

KOMPAS.com - Makan sahur dianjurkan bagi orang yang menjalankan ibadah puasa.

Namun, tak jarang banyak orang yang memilih tidak bangun dan makan sahur karena berbagai alasan. Salah satunya adalah susah bangun.

Padahal sahur ini sangat penting karena sehari lamanya tak ada asupan makan dan minum selama berpuasa.

Makan sahur juga menjadi salah satu kunci utama bagaimana kita bisa menjalani puasa dengan baik dan tetap bertenaga.

Berikut ini ada 6 tips yang bisa Anda coba agar lebih mudah untuk bangun dan melakukan makan sahur:

Baca juga: Cara Mengusir Aroma Bawang yang Tertinggal di Mulut Ketika Makan Sahur

1. Tidur lebih cepat

Melansir Gulf News(3/5/2020), tips pertama adalah dengan tidur lebih cepat ketika malam.

Bagi Anda yang biasa begadang atau tidur terlalu larut, mungkin bisa dicoba untuk mempercepat mengakhiri kegiatan yang ada dan pergi tidur.

Dengan tidur yang dimulai lebih awal misalnya pukul 9 atau 10 malam, maka Anda bisa lebih ringan untuk bangun di waktu sahur di jam 3 pagi.

Selain itu, Anda juga dapat memiliki waktu istirahat yang cukup.

Bandingkan dengan Anda yang tertidur pada pukul 12 malam atau 1 dini hari, kemudian harus bangun sahur pada pukul 3 pagi dan kembali tidur setelahnya.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X