Rekomendasi Menu Sahur dan Buka Puasa Selama Sepekan dari Ahli Gizi

Kompas.com - 16/04/2021, 21:04 WIB
Ilustrasi. bopavIlustrasi.

KOMPAS.com - Makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka jadi kunci kelancaran ibadah puasa.

Persiapkan menu sahur dan berbuka yang padat gizi, untuk memastikan kebutuhan tubuh terpenuhi selama menjalani puasa.

Dokter yang juga ahli gizi dr. Tan Shot Yen mengatakan, menu sahur dan buka puasa perlu direncanakan dengan baik.

"Masalahnya ada di perencanaan dan pemahaman. Jika sahur cuma buat syarat saja maka bukan hanya makannya cepat-cepat, tapi kualitas makanan pun akhirnya seadanya," kata Tan saat dihubungi Kompas.com, Senin (12/4/2021).

Baca juga: Hindari 4 Minuman Ini Saat Sahur

Persiapan matang

Persiapkan makanan sahur dan buka puasa dengan baik dan matang.

Jangan terlalu cepat makan saat sahur karena mengejar waktu imsak. Makan terlalu cepat bisa membuat lambung bermasalah.

"Lambung lebih sulit melumatkan apa yang dimakan. Dan jika tidak berhasil (melumatkan), maka akan keluar lagi dalam BAB (berupa) potongan makanan, terutama sayur dan buah," jelas Tan.

Persiapan yang kurang matang bisa jadi membuat kita memilih makanan cepat saji, keringan atau produk instan. Pilihan ini tak direkomendasikan.

"Jika perlu lauk malam sebelumnya, seperti pepes, sup, soto sengaja disisakan buat lauk sahur. Kan tinggal dihangatkan," ujar Tan.

Sama halnya jika makan terlalu banyak saat buka puasa. Pencernaan bisa terganggu jkka seketika makan dalam jumlah besar.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X