Arkeolog Temukan Toilet Berusia 800 Tahun, Ungkap Orang Yahudi Inggris Tidak Makan Babi

Kompas.com - 18/04/2021, 21:15 WIB
Toliet orang Yahudi dari abad pertengahan yang ditemukan di Inggris. Oxford ArchaeologyToliet orang Yahudi dari abad pertengahan yang ditemukan di Inggris.

KOMPAS.com - Sebuah penggalian arkeologi di Oxford, Inggris mengungkapkan menu apa yang orang Yahudi di Inggris abad ke-13 makan sehari-hari. 

Dari hasil penggalian itu diketahui bahwa orang Yahudi di Inggris abad ke-13 makan ikan herring dan ayam.

Mereka juga tidak makan babi dan bagian belakang sapi. Ini seperti yang diwajibkan oleh hukum makanan Yahudi (kashrut).

Baca juga: [HOAKS] Hewan Ternak Hasil Kawin Silang Babi dengan Sapi

Properti orang Yahudi

Beberapa tahun sebelum pengusiran semua orang Yahudi dari Inggris pada 1290, seorang pria Yahudi bernama Jacob, putra dari sarjana terhormat Rabbi Moses dari London memiliki sebuah properti megah di Oxford yang dikenal sebagai Jacob's Hill.

Delapan abad kemudian, penemuan jamban di gedung tersebut telah memberikan gambaran yang luar biasa tentang kehidupan orang Yahudi pada saat itu.

Penulis utama makalah yang baru-baru ini diterbitkan di jurnal Archaeological and Anthropological Sciences, Dunne menuturkan, para arkeolog menemukan jamban rumah dari periode waktu yang relevan.

Termasuk di antaranya adalah tempat pembuangan sampah, serta lapisan yang lebih dalam dan lebih kuno, yaitu periode Anglo-Saxon.

"Pertama-tama, kami menemukan banyak tulang binatang. Dalam kumpulan normal rumah tangga abad pertengahan di Inggris, Anda akan menemukan hewan peliharaan yang khas seperti sapi, domba dan kambing, babi dan unggas," kata Dunne, dikutip dari The Jerussalem Post, 13 April 2021.

"Yang sangat menarik adalah fakta bahwa di sini babi sama sekali tidak ada, sementara ada banyak tulang angsa dan ayam. Ini adalah pertama kalinya kumpulan semacam ini ditemukan di Inggris," ujar Dunne. 

Baca juga: Arkeolog Temukan 500 Benda Kuno Berusia 3.000 Tahun yang Jelaskan Asal Mula Bangsa China

Identifikasi potongan tembikar

Para peneliti dapat mengidentifikasi elemen tambahan yang sesuai dengan hukum diet Yahudi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X