[HOAKS] Hewan Ternak Hasil Kawin Silang Babi dengan Sapi

Kompas.com - 27/03/2021, 21:15 WIB
Hoaks hewan perpaduan babi dan sapi screenshootHoaks hewan perpaduan babi dan sapi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar informasi di media sosial Facebook yang mengajak masyarakat untuk mewaspadai adanya spesies hewan ternak hasil kawin silang antara sapi dengan babi.

Informasi itu menyebut, hewan hasil kawin silang itu telah diternakkan di Thailand, dan akan dipasarkan di Malaysia untuk memenuhi kebutuhan konsumsi daging menjelang bulan Ramadhan 2021.

Dari penelusuran tim Cek Fakta Kompas.com, informasi tersebut adalah tidak benar alias hoaks.

Foto hewan yang disertakan dalam narasi yang beredar merupakan foto kerbau kerdil dari Thailand, dan bukan hewan hasil kawin silang antara sapi dengan babi.

Selain itu, pakar kedokteran hewan Malaysia mengatakan, sapi dan babi mustahil untuk dikawinkan dan menghasilkan keturunan, karena keduanya berasal dari famili yang berbeda.

Narasi yang beredar

Diketahui, informasi tersebut disebarkan di media sosial Facebook oleh warganet Malaysia atas nama Vin Ecantik pada 15 Maret 2021.

Berikut narasi selengkapnya:

"SPESIS KACUKAN VABI + LEMBU
. Mula mula tengok ya allah cutenya Kalau buat Korban ! Rupanya kacukan babi + lembu
Dah mula masuk ke malaysia dari Thailand
Utk buka bulan puasa katanya !
.
HATI hati Gais Bila tengok gelembung
Kulit spesis kacukan VABI + LEMBU
Masyaalah macam macam Dunia Zaman sekarang,"

Tangkapan layar hoaks binatang hasil kawin silang babi dengan sapiScreenshot Facebook: Vin Ecantik Tangkapan layar hoaks binatang hasil kawin silang babi dengan sapi

Penelusuran Kompas.com

Mengutip AFP Fact Check, Kamis (26/3/2021) berdasarkan penelusuran dari gambar yang disertakan pada narasi tersebut, diketahui bahwa foto yang beredar pernah diunggah di salah satu kanal televisi Thailand, Matichon TV, pada 11 Oktober 2018.

Unggahan tersebut diberi judul "Lihatlah kelucuan 'Nong Kham Phaeng', kerbau kerdil yang membawa keberuntungan".

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Sumber AFP
Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X