Apakah Ada Passing Grade untuk SKD Sekolah Kedinasan? Ini Jawaban BKN

Kompas.com - 15/04/2021, 17:32 WIB
Alur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021 KOMPAS.com/Akbar Bhayu TamtomoAlur Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021

KOMPAS.com - Rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN) disambut antusiasme publik yang tinggi.

Tahun ini, pemerintah melalui Kementerian Pendayagunaan Aparatur Sipil Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB) kembali membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi ASN, melalui beberapa jalur penerimaan seperti sekolah kedinasan (Dikdin), calon pegawai negeri sipil (CPNS), dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Saat ini, sedang berlangsung proses pendaftaran Dikdin melalui portal dikdin.bkn.go.id, yang berlangsung hingga 30 April 2021.

Setelah proses administrasi, pendaftar akan mengikuti ujian, berupa seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi lanjutan.

Baca juga: Daftar Sekolah Kedinasan, Bolehkah Ikut Seleksi CPNS? Ini Penjelasan BKN 

Di media sosial, banyak yang menanyakan, adakah passing grade atau nilai ambang batas pada SKD sekolah kedinasan?

Apakah ada passing grade dalam SKD?

Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian Badan Kepegawaian Negara (BKN) Suharmen menjelaskan, tahun ini akan ditetapkan passing grade atau nilai ambang batas untuk SKD Sekolah Kedinasan 2021.

Namun, hingga kini belum ditentukan besaran angka untuk setiap tesnya.

“Kita (panitia seleksi nasional/Panselnas) masih menerapkan passing grade, tapi berapa besarnya passing grade belum kita tetapkan,” kata dia dalam konferensi pers di kanal YouTube resmi BKN seperti dikutip Kompas.com, Kamis (15/4/2021).

Suharmen menyebutkan, passing grade tahun ini akan ditetapkan melalui keputusan menteri.

“Kalau tahun lalu, passing grade itu ditetapkan melalui Peraturan Menteri (PANRB). Tahun ini agak kami ubah sedikit, sudah kami bahas di Panselnas bahwa penentuan passing grade, itu akan ditetapkan melalui Keputusan Menteri (PANRB),” ujarnya.

Baca juga: Update Sekolah Kedinasan 2021: Pendaftar, Formasi, dan Jadwal Penerimaan

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X