Daftar Sekolah Kedinasan, Bolehkah Ikut Seleksi CPNS? Ini Penjelasan BKN

Kompas.com - 15/04/2021, 11:52 WIB
Peserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat. AFP/JUNI KRISWANTOPeserta mengikuti ujian Seleksi Kompetensi Bidang (SKB) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Surabaya, Selasa (22/9/2020). Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Surabaya menggelar ujian SKB yang diikuti 1.142 peserta CPNS dengan menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 secara ketat.

KOMPAS.com - Pemerintah akan membuka rekrutmen calon aparatur sipil negara (CASN), seperti sekolah kedinasan (Dikdin), calon pegawai negeri sipil (CPNS), dan pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja (PPPK).

Seperti diketahui, saat ini tengah berlangsung proses pendaftaran sekolah kedinasan secara online.

Pendaftaran Dikdin, CPNS, atau PPPK, dilaksanakan melalui portal Sistem Seleksi CASN (SSCASN) yang dikelola Badan Kepegawaian Negara (BKN), sscasn.bkn.go.id atau dikdin.bkn.go.id.

Baca juga: Update Sekolah Kedinasan 2021: Pendaftar, Formasi, dan Jadwal Penerimaan

Apakah pendaftar sekolah kedinasan bisa mendaftar CPNS?

Saat dikonfirmasi Kompas.com, Plt Kepala Biro Hubungan Masyarakat, Hukum, dan Kerja Sama BKN, Paryono, mengatakan, pendaftar sekolah kedinasan diperbolehkan mengikuti seleksi CPNS atau PPPK.

“Betul, bisa (seseorang diperbolehkan mendaftar sekolah kedinasan dan CPNS atau PPPK),” kata Paryono saat dihubungi Kompas.com, Kamis (15/4/2021).

Secara terpisah, Deputi Bidang Sistem Informasi Kepegawaian BKN Suharmen menjelaskan bahwa jalur penerimaan Dikdin berbeda dengan CPNS atau PPPK.

Bahkan, saat pendaftar sekolah kedinasan telah dinyatakan lulus pun masih diperbolehkan mendaftar CPNS atau PPPK.

“Boleh (yang bersangkutan lulus Dikdin, daftar CPNS), karena ini jalurnya berbeda,” ujar dia dalam konferensi pers di kanal YouTube resmi BKN.

Baca juga: Cara Pembayaran Pendaftaran Sekolah Kedinasan 2021, Simak Tahapannya!

Setelah formasi penerimaan CPNS 2021 diumumkan dan terdapat posisi dari lulusan SMA, pelamar sekolah kedinasan diperbolehkan mendaftar CPNS.

“Jadi kalau seseorang masuk di sekolah kedinasan, ternyata nanti setelah formasi untuk CPNS ternyata Kemenkumham masih buka jalur SLTA, misalnya, untuk di posisi tertentu, atau ada beberapa instansi yang membutuhkan lulusan SMA, mereka (pelamar Dikdin) masih diizinkan untuk bisa mendaftar di CPNS,” papar Suharmen.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X