Cara Tepat Membersihkan Cast Iron agar Awet Lapisan Anti Lengketnya

Kompas.com - 15/04/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi cast iron Unsplash/Cathal Mac An BheataIlustrasi cast iron

KOMPAS.com - Cast iron adalah besi tuang atau besi cor yang masuk ke dalam ranah dapur. Dalam dunia kuliner, besi tuang ini berbentuk panci atau wajan yang bisa digunakan untuk mengolah berbagai sajian.

Diberitakan Kompas.com (19/09/2020), besi tuang adalah peralatan masak khas Amerika yang diadaptasi dari China. 

Cast iron dikatakan lahir di abad ke-6 SM di dataran China. Wajan besi dibuat dari logam cair yang dicetak ke dalam cetakan pasir. 

Wajan ala besi tuang sempat kalah pamor dengan tren wajan anti lengket yang terbuat dari berbagai bahan termasuk aluminium.

Namun karena bahan anti lengket pada wajan dinilai merusak lingkungan, cast iron pun kembali naik daun.  

Berbagai keuntungan yang dimiliki cast iron membuat peralatan masak ini memiliki harga pasaran yang melambung sangat tinggi.

Salah satu kelebihan cast iron adalah, bahan besi tuang yang ada bisa membentuk lapisan anti lengket dengan sendirinya setelah beberapa kali pemakaian.

Kelebihan lainnya, wajan besi tuang juga bisa menahan panas lebih lama dibanding wajan biasa. Sehingga wajan ini seringkali digunakan dalam proses memanggang aneka kue dan roti.

Baca juga: 4 Bahan Alat Masak Antilengket Selain Teflon, dari Cast Iron hingga Keramik

Cara merawat

Meski terkenal memiliki daya tahan tinggi terhadap lingkungan sehingga awet, namun cast iron tetap harus dirawat dengan benar agar tak ditumbuhi karat.

Juga agar lapisan anti lengketnya tak berkurang kualitasnya.

Ilustrasi cast iron atau penggorengan besi corShutterstock Ilustrasi cast iron atau penggorengan besi cor

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X