Kompas.com - 15/04/2021, 06:31 WIB
 Sop Buah Cincau TABLOID NAKITA/FERDIANSYAH Sop Buah Cincau

KOMPAS.com - Keberadaan cincau hitam atau dalam menu minuman modern dikenal dengan grass gelly tentu tidak asing lagi bagi kebanyakan masyarakat Indonesia.

Bahan yang kerap dijadikan pelengkap dalam sejumlah sajian ini memiliki warna hitam pekat, bau khas, dan tekstur kenyal seperti agar-agar.

Selama bulan Ramadhan, cincau kerap muncul di meja makan sebagai campuran beragam kudapan es.

Baca juga: 7 Manfaat Minum Air Putih, Apa Saja?

Cincau nikmat disajikan dengan bahan-bahan lain, seperti buah nangka, biji selasih, biji mutiara, es kelapa muda, dan lain-lain.

Kendati demikian, menjadikan cincau sebagai pemeran utama dalam suatu menu juga bukan pilihan yang buruk.

Ternyata, selain segar dan nikmat disantap, cincau hitam yang terbuat dari daun janggelan ini memiliki beragam manfaat bagi tubuh.

Baca juga: 4 Manfaat Kesehatan Cokelat Hitam, Apa Saja?

Berikut ini adalah 7 di antaranya:

1. Memperbaiki sistem imun

Mengutip Dr Health Benefits, tingginya kandungan antioksidan alami dalam cincau hitam dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita.

Antioksidan berfungsi sebagai pasukan yang siap mengamankan tubuh kita dari efek buruk radikal bebas atau infeksi sejumlah jenis virus.

Sesungguhnya, tubuh kita secara alami sudah dapat memproduksi antioksidan sendiri, tetapi jumlahnya tidak memadai untuk menjaga tubuh kita dari beragam ancaman penyakit.

Untuk itu, antioksidan tambahan penting untuk kita dapatkan, salah satunya dari cincau hitam ini.

Baca juga: 6 Manfaat Petai bagi Kesehatan, Apa Saja?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X