Update Gempa Malang M 6,1: 8 Orang Meninggal, Puluhan Luka-luka, 85 Rumah Rusak Berat, dan Rusak 150 Fasilitas Umum

Kompas.com - 11/04/2021, 10:47 WIB
Petugas PMI Kabupaten Malang saat asesmen dampak kerusakan akibat gempa yang terjadi di laut selatan Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021). KOMPAS.COM/Dok. PMI Kabupaten MalangPetugas PMI Kabupaten Malang saat asesmen dampak kerusakan akibat gempa yang terjadi di laut selatan Kabupaten Malang, Sabtu (10/4/2021).

KOMPAS.com - Gempa bumi bermagnitudo 6,1 yang mengguncang wilayah Malang dan sekitarnya pada Sabtu (10/4/2021) siang mengakibatkan setidaknya delapan orang meninggal dunia.

Bukan hanya korban jiwa, setidaknya puluhan orang lainnya juga mengalami luka-luka, dengan rincian 36 orang luka ringan dan 3 orang luka sedang hingga berat.

"Perkembangan terkini yang dicatat BNPB hingga Minggu (11/4), pukul 08.00 waktu setempat," ujar Kepala Pusat Data Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Raditya Jati, sebagaimana dalam rilis yang diterima Kompas.com, Minggu (11/4/2021) pagi.

Sementara itu, gempa yang tergolong merusak tersebut juga berdampak di sektor pemukiman di 15 kabupaten dan kota di wilayah Jawa Timur.

Baca juga: Mengapa Indonesia Kerap Dilanda Gempa Bumi?

Dampak kerusakan

Total rumah rusak dengan kategori berbeda berjumlah 1.189 unit, dengan rincian rusak berat (RB) 85 unit, rusak sedang (RS) 250 dan rusak ringan (RR) 854.

"Kerusakan juga dialami fasilitas umum (fasum) dengan total kerusakan sejumlah 150 unit," kata Radit.

Dia melanjutkan, dilihat dari peta guncangan dengan skala MMI, Kabupaten Malang dan Kabupaten Blitar mengalami intensitas guncangan pada IV MMI.

BPBD Kabupaten Malang, kata Radit, melaporkan rumah RR 525 unit, RS 114, RB 57, sedangkan kerusakan di fasilitas pendidikan 14 unit, fasilitas kesehatan 8, tempat ibadah 26 dan jembatan 6 titik.

Baca juga: Berkaca dari Gempa di Rangkasbitung dan Jepara, Mengapa Indonesia Kerap Dilanda Gempa Bumi?

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X