Kompas.com - 11/04/2021, 10:10 WIB
Ilustrasi membasmi gulma Unsplash/Zoe SchaefferIlustrasi membasmi gulma

KOMPAS.com - Rumput liar adalah musuh tersembunyi para pecinta tanaman hias. Jika dibiarkan, rumput akan tumbuh subur dan menjadi gulma bagi tanaman utama.

Namun jika disiangi manual satu per satu, tentu saja akan butuh banyak waktu. Belum lagi, kecepatan tumbuh rumput liar di udara lembab musim penghujan sangatlah cepat.  

Untuk ini Anda butuh herbisida atau penyiang gulma. Herbisida adalah zat atau senyawa yang bisa digunakan untuk menekan pertumbuhan rumput-rumput liar.

Ada berbagai jenis herbisida. Baiknya, demi keamaan produk sayur dan tanaman hias Anda, pilihlah herbisida alami yang tak membahayakan Anda juga hewan-hewan Peliharaan Anda.

Mengingat kucing dan anjing sering bermain di rerumputan, dan terkadang, mengonsumsi pula rumput-rumput yang ada di pekarangan rumah.  

Salah satu herbisida alami yang bisa Anda gunakan adalah garam dapur. Selain aman, garam tentu saja ramah di kantong.

Baca juga: Cara Membuat Herbisida di Rumah, untuk Membasmi Gulma

Kandungan dalam garam

Menurut laman The Spruce, garam yang bisa digunakan untuk menekan pertumbuhan gulma adalah sodium chloride dan bukan garam magnesium sulfate seperti rock salt atau sea salt.

Ilustrasi garam, garam meja. PIXABAY/BRUNO Ilustrasi garam, garam meja.

Sodium chloride atau garam beryodium sangat ampuh digunakan untuk menekan pertumbuhan tanaman.

Jadi dalam penggunaannya Anda harus hati-hati agar tak membunuh tanaman lain apalagi tanaman utama.

Garam mudah menyerap ke dalam tanah. Sehingga bisa merusak tanaman utama yang justru ingin Anda lindungi dari gulma.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X