[HOAKS] Vaksin Covid-19 Pfizer Dijual Online di Malaysia

Kompas.com - 20/03/2021, 20:04 WIB
Ilustrasi hoaks ShutterstockIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah gambar yang berisi vaksin Covid-19 Pfizer dijual di platform e-commerce Shopee Malaysia beredar di media sosial.

Dalam keterangannya, pengunggah juga menyebut jarum suntik dijual secara terpisah dan proses penyuntikan dilakukan sendiri.

Harga yang dipatok untuk vaksin Pfizer tersebut adalah 63,88 ringgit Malaysia atau sekitar Rp 224.000.

Dari penelusuran Tim Cek Fakta Kompas.com, foto dan informasi tersebut tidak benar alias hoaks.

Narasi yang beredar

Adalah akun Hizami Ramli yang mengunggah foto dan informasi penjualan vaksin Pfizer secara online pada 5 Maret 2021.

Berikut isi unggahan lengkapnya:

Org dok kata pfizer utk frontliner, marhaen dpt sinovac. Tapi salah, shopee membawakan terus vaksin pilihan ramai ke dpn pintu rumah anda. Rm6+.++ saja. Jarum beli asing, cucuk sendiri. Thanks shopi.

Terjemahan

Katanya Pfizer untuk pekerja garis depan, masyarakat umum dapat Sinovac. Tapi salah, Shopee bisa membawakan vaksin pilihan banyak orang ke pintu rumah Anda. Hanya dengan RM 6++, jarung suntik dibeli secara terpisah, disuntik sendiri. Thanks Shopee

Tangkapan layar unggahan hoaks yang berisi foto vaksin Covid-19 Pfizer dijual di Shopee Malaysia Tangkapan layar unggahan hoaks yang berisi foto vaksin Covid-19 Pfizer dijual di Shopee Malaysia

Foto serupa juga diunggah oleh akun Fiedzah Ibrahim pada 3 Maret 2021.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Berkat konsistensinya, Kompas.com menjadi salah satu dari 49 Lembaga di seluruh dunia yang mendapatkan sertifikasi dari jaringan internasional penguji fakta (IFCN - International Fact-Checking Network). Jika pembaca menemukan Kompas.com melanggar Kode Prinsip IFCN, pembaca dapat menginformasikannya kepada IFCN melalui tombol di bawah ini.
Laporkan
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X