Kompas.com - 20/03/2021, 12:17 WIB
Serda (K) Aprilia Santini Manganang melambaikan tangan sebelum mengikuti sidang penggantian jenis kelamin dan penggantian nama secara virtual yang berlangsung dari Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, di Markas Besar TNI Angkatan Darat, di Jakarta, Jumat (19/3/2021). ANTARA FOTO/M RISYAL HIDAYATSerda (K) Aprilia Santini Manganang melambaikan tangan sebelum mengikuti sidang penggantian jenis kelamin dan penggantian nama secara virtual yang berlangsung dari Pengadilan Negeri Tondano, Sulawesi Utara, di Markas Besar TNI Angkatan Darat, di Jakarta, Jumat (19/3/2021).

KOMPAS.com - Mantan atlet voli Indonesia Aprilia Santini Manganang akhirnya sah sebagai laki-laki dan telah berganti nama menjadi Aprilio Perkasa Manganang.

Keputusan itu datang setelah Pengadilan Negeri (PN) Tondano mengabulkan permohonan penggantian nama dan jenis kelamin Aprilia di mata hukum.

Baca juga: Apa Itu Hipospadia seperti yang Dialami Eks Pevoli Aprilia Manganang?


Berikut jalan panjang Aprilia hingga sah menjadi laki-laki dan berganti nama:

Berjenis kelamin perempuan

Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) TNI Jenderal Andika Perkasa mengatakan, Aprilia menderita kelainan hipospadia kategori serius.

Karena keterbatasan peralatan medis, Aprilia Manganang ditetapkan berjenis kelamin perempuan berdasarkan tampilan fisik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Menurut KSAD, mengutip Kompas.com, 10 Maret 2021, Aprilia Manganang ketika lahir tidak mendapat perawatan dan pemeriksaan lanjutan meski menderita hipospadia.

Keterbatasan ekonomi keluarga menjadi alasan utama tak ada pemeriksaan lebih lanjut.

Aprilia Manganang pun pada akhirnya tercatat sebagai perempuan di akta kelahiran maupun di kartu tanda penduduk (KTP).

Baca juga: 4 Fakta soal Hipospadia seperti yang Dialami Aprilia Manganang, Apa Saja?

Jadi atlet voli putri

Ketertarikannya di dunia bola voli mulai muncul setelah melihat kakaknya menerima penghasilan dari cabang olahraga itu.

Pada 2011, Aprilia Manganang direkrut tim voli bernama Alko Bandung.

Sejak saat itu, nama Aprilia Manganang terus dikenal publik karena kemampuannya hingga dilirik oleh sejumlah tim voli papan atas tanah air.

Pada 2015, Aprilia Manganang direkrut oleh Jakarta Elektrik PLN dan sukses mempersembahkan juara Proliga di musim pertamanya.

Di level timnas putri Indonesia, Aprilia Manganang juga sukses mempersembahkan medali perak SEA Games 2017 dan dua perunggu SEA Games (2013 dan 2015).

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.