Kompas.com - 20/03/2021, 10:30 WIB
Ilustrasi aplikasi gawai Pixabay/Moritz320Ilustrasi aplikasi gawai

KOMPAS.com - Tak selamanya gadget membawa pengaruh buruk terhadap tumbuh kembang anak. Asal rambu-rambu terus ditegaskan, gadget bisa bermanfaat juga untuk anak. Termasuk, anak-anak berkebutuhan khusus.

Berbagai kemajuan teknologi telah mempermudah hidup manusia. Dalam gawai sendiri, kini semakin bertumbuhan aplikasi-aplikasi yang membantu aktivitas keseharian para pemakainya. Termasuk, aplikasi untuk mereka yang berkebutuhan khusus. 

Beberapa teknologi aplikasi ini bisa membantu anak autis mengembangkan kemampuannya berbicara dan berkomunikasi. Ada pula aplikasi-aplikasi yang membantu tuna netra untuk bisa memahami berbagai hal yang tak bisa mereka jangkau.

Baca juga: Aplikasi Belajar Daring Ini Siapkan Bekal bagi Siswa Jalani UTBK

1. Language Therapy for Children with Autism (MITA)

Aplikasi ini ada di iOS dan android. Autism therapy with MITA adalah aplikasi yang dirancang untuk membantu proses belajar anak-anak dengan autis menggunakan metode pivotal response treatment.

MITA sendiri adalah singkatan dari Mental Imagery Therapy for Autism. Pembelajaran dengan MITA menggunakan metode permainan seperti puzzle. Dengan mencocokkan warna misalnya, anak bisa meningkatkan kemampuan bahasa juga visualnya.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

2. Spokle

Aplikasi ini juga tersedia di iOS dan android. Aplikasi ini bisa digunakan orang tua untuk melakukan terapi wicara kepada anak-anaknya yang menderita gangguan autis dan gangguan perkembangan bahasa.

Spokle adalah platform asal Australia. Karena mendapat respon bagus dari pengguna gawai, platform ini kini sudah bekerja sama dengan dengan sejumlah sekolah inklusi di Indonesia.

Beberapa pengguna meninggalkan review yang positif. Yang menyatakan bahwa aplikasi ini sangat membantu orang tua dalam menghadapi anak di masa pandemi.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads X