Indonesia Masuk 10 Besar Negara Paling Dermawan Sedunia

Kompas.com - 09/03/2021, 15:30 WIB
Ilustrasi memberi makanan gratis. SHUTTERSTOCK/ADDKMIlustrasi memberi makanan gratis.

KOMPAS.com - Indonesia masuk daftar 10 negara paling dermawan di dunia, berdasarkan laporan tahunan World Giving Index (WGI) edisi ke-10.

Laporan tersebut disusun oleh Charities Aid Foundation, yang menyelenggarakan survei untuk mengetahui perilaku dermawan masyarakat di berbagai negara.

Survei dilakukan terhadap lebih dari 1,3 juta orang di 125 negara, dan disusun berdasarkan data yang dianalisis selama 10 tahun terakhir.

Tren perilaku dermawan dilihat selama masa krisis ekonomi, pemulihan, sampai ketidakstabilan gepolitik di suatu negara tersebut.

Tiga aspek yang dinilai dari perilaku dermawan dari masyarakat suatu negara, yaitu membantu orang asing, menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

Lalu, siapa saja negara yang paling dermawan di seluruh dunia? Indonesia masuk 10 besarnya. Simak selengkapnya daftar berikut ini:

Baca juga: Indonesia Negara Paling Damai Nomor 9 di Asia-Pasifik menurut IEP

1. Amerika Serikat

Amerika Serikat menjadi negara yang paling dermawan di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 58 persen.

Dari responden survei, sebanyak 72 persen mengaku membantu orang asing, 61 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 42 persen mengikuti kegaiatan amal secara sukarela.

2. Myanmar

Myanmar adalah negara paling dermawan kedua di dunia, dengan skor keseluruhan sebesar 58 persen.

Dari responden survei, sebanyak 49 persen mengaku membantu orang asing, 81 persen menyumbangkan uang ke lembaga amal, dan 43 persen mengikuti kegiatan amal secara sukarela.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X