Kompas.com - 09/03/2021, 15:00 WIB
Ilustrasi gula pasir. Pixabay/MyriamsIlustrasi gula pasir.

KOMPAS.com - Gula adalah komponen utama yang harus ada di rak dapur. Tak hanya digunakan di dalam minuman, gula juga digunakan di dalam olahan sayur dan lauk sebagai penyeimbang rasa.

Di olahan bergaram, cukup tambahkan sejumput gula pasir. Fungsi gula menjadi semacam penyedap rasa di sini, layaknya MSG.

Gula sendiri ada beragam variannya. Indonesia yang kaya akan hasil buminya, memiliki hasil olahan gula yang diolah dari berbagai sumber alam. 

Tentu saja, gula memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Meski beberapa jenis gula bisa membahayakan tubuh lantaran menaikkan gula darah dalam waktu yang sangat cepat. Seperti gula rafinasi misalnya.

Baca juga: 5 Manfaat Gula, Bersihkan Noda pada Pakaian hingga Hilangkan Bau

Berikut ini adalah 7 jenis gula yang beredar di sekitar kita. Anda yang biasanya hanya mengenal gula pasir dan gula jawa, bisa menyimak yang satu ini.

1. Gula rafinasi

Gula rafinasi mirip gula pasir namun memiliki warna lebih putih. Ini adalah gula mentah, sukrosa yang disintesis dari tebu, yang tidak bisa dikonsumsi secara langsung layaknya gula pasir.

Gula rafinasi beredar terbatas, hanya dikhususkan untuk kebutuhan industri. Hal ini lantaran efek samping dari gula ini memang tak main-main.

Jika Anda mengonsumsi gula ini secara langsung, maka tubuh Anda akan membutuhkan asupan vitamin B kompleks, magnesium dan kalsium untuk mencerna gula ini. 

Jika Anda tak mengonsumsi vitamin B kompleks dan suplemen yang mengandung magnesium dan kalsium, maka gula rafinasi akan mencuri cadangan ketiganya di sistem saraf, tulang juga gigi. Efek jangka panjangnya, Anda akan terserang osteoporosis.

Seperti yang diberitakan Hellosehat, gula rafinasi juga bisa meningkatkan risiko diabetes. 

Halaman Selanjutnya
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X