Nutrisi dan Peregangan Bisa Memaksimalkan Tinggi Badan

Kompas.com - 08/03/2021, 19:45 WIB
Ilustrasi mengukur tinggi badan shutterstockIlustrasi mengukur tinggi badan

KOMPAS.com - Tubuh anak bisa mencapai tinggi maksimal jika Anda selalu memperhatikan asupan gizi dan nutrisinya. 

Selain itu, ada pula beberapa faktor lain yang bisa mendukung tumbuh kembang tulang juga otot anak sehingga anak bisa mencapai tinggi badan maksimal sesuai potensi genetik dari kedua orang tuanya.

Nutrisi sendiri, mengambil peranan sangat penting di sini. Bahkan sebuah penelitian menyebutkan, nutrisi bisa memperbaiki kualitas tinggi badan manusia melebihi potensi genetik yang diturunkan oleh leluhurnya.

Baca juga: Menakar Tinggi Badan Anak Sesuai Potensi Genetik Kedua Orang Tuanya

Seperti yang terjadi di Belanda di sekitaran tahun 1800-an. Pada waktu itu, rata-rata tinggi tubuh warga Belanda hanya berkisar 160 cm saja.

Kemudian pemerintah Belanda menggemborkan perbaikan nutrisi, yang dijalani dan ditaati dari waktu ke waktu. Hasilnya, kini tinggi rata-rata warga negara Belanda bisa mencapai 185 cm.

Hal ini disampaikan Kurniawan Satria Denta, dokter dari RSUP Dr. Sardjito Yogyakarta. "Jadi meski potensi genetik terbatas, nyatanya tinggi anak bisa dimaksimalkan dengan cara perbaikan gizi yang dilakukan secara terus-menerus."

Pemenuhan gizi di masa pra kehamilan

Jika ingin mendapatkan keturunan dengan kualitas tubuh yang berkembang dan bertumbuh dengan maksimal, maka Anda harus mempersiapkan semuanya sedari dini.

Di masa perencanaan kehamilan, cukupi gizi tubuh Anda dengan makanan seimbang antara karbohidrat, mineral, protein, dan lemak.

Karbohidrat bisa didapat dari nasi dan umbi-umbian. Protein bisa berbentuk nabati atau hewani. Kemudian untuk mineral, seimbangkan antara zat besi juga kalsium.

Kebanyakan orang hanya berfokus pada kalsium saja. Padahal dalam membentuk tulang dan otot, zat besi sangat dibutuhkan. Kealpaan inilah yang sering terjadi di tengah masyarakat kita.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X