Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kereta Api Jarak Jauh dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen Belum Bisa Layani Penumpang

Kompas.com - 23/02/2021, 10:00 WIB
Luthfia Ayu Azanella,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jadwal keberangkatan kereta api, Selasa (23/2/2021) pagi dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen hingga saat ini belum bisa melayani penumpang. 

Hal itu mengingat proses perbaikan jalur kereta api yang terdampak banjir masih berlangsung.

Kepala Humas PT KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dialami oleh para konsumen, khususnya yang sudah memesan tiket perjalanan kereta di pagi ini.

"PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa KA yang terkena dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA yang terganggu," kata Eva.

Baca juga: Hari Ini, Semua Perjalanan Kereta Api dari Jakarta Dibatalkan

Pembatalan tiket

Bagi masyarakat yang sudah memiliki tiket perjalanan kereta api dari kedua stasiun tersebut pagi ini, maka dapat melakukan pembatalan tiket di loket pembatalan yang tersedia di stasiun-stasiun tertentu.

Pembatalan bisa dilayani di Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bekasi, Cikampek, Bogor, Jakarta Kota, dan Karawang.

"Calon penumpang diberikan waktu sampai dengan 30 hari ke depan untuk pembatalan tiket KA yang terdampak pembatalan akibat banjir, dengan pengembalian 100 persen," tegas Eva.

Untuk melakukan lembatalan tiket, ada sejumlah syarat yang harus dibawa oleh calon penumpang, di antaranya membawa tiket KA yang telah dipesan dan kartu identitas asli penumpang.

Untuk penumpang yang melakukan pembelian beregu atau hanya memiliki satu kode pemesanan untuk beberapa tiket, maka pembatalan cukup dilakukan oleh salah satu penumpang dengan membawa foto kopi kartu identitas penumpang yang lainnya.

Pembatalan perjalanan kereta api dari Jakarta tidak hanya terjadi pagi ini, hal yang sama juga terjadi pada Minggu (21/2/2021) dan Senin (22/2/2021). 

Baca juga: KAI Kembalikan 100 Persen Biaya Tiket Akibat Pembatalan Pemberangkatan KA

Jalur yang rusak

PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daop) 1 menargetkan proses perbaikan jalur yang rusak akibat banjir beberapa waktu lalu dapat diselesaikan dan kembali dilalui kereta sore ini. 

Jalur rusak diketahui terdapat di petak jalan antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang KM 55+100 sampai dengan KM 53+600, di mana pondasi atau bantalan rel banyak terlepas akibat tergerus banjir. 

Akibat hal itu, sebagian rel terlihat menggantung karena batuan yang biasanya ada di bagian bawahnya terbawa arus. 

Pihak Daop 1 terus melakukan percepatan perbaikan dalam upaya normalisasi jalur ini. 

"Hingga kini PT KAI Daop 1 Jakarta terus berupaya semaksimal mungkin melakukan proses percepatan perbaikan untuk menormalkan kembali jalur tersebut," kata Eva.

Baca juga: Banjir, Kereta Api Jarak Jauh dari Stasiun Senen dan Gambir Dibatalkan, Cek Jadwalnya

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com