Kompas.com - 22/02/2021, 06:48 WIB

KOMPAS.com - Semua perjalanan kereta api jarak jauh dan lokal dari Daerah Operasional (Daop) 1 Jakarta kembali dibatalkan keberangkatannya pada hari ini, Senin (22/2/2021).

Hal itu disampaikan oleh Kepala Humas Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa melalui keterangan resmi yang diterima Kompas.com, Senin (22/2/2021).

Pembatalan semua jadwal keberangkatan kereta ini karena banjir yang menggenangi sejumlah lintasan kereta api sehingga tidak memungkinkan dilakukan perjalanan.

"Di area Daop 1 Jakarta dampak dari cuaca ekstrem terjadi di petak jalan antara Stasiun Kedunggedeh-Lemah Abang Km 55 +100 sampai dengan Km 53+600 yang sempat terendam banjir pada Minggu, 21 Februari 2021 dengan ketinggian air sampai dengan 150 cm di atas Kop Rel," kata Eva.

Baca juga: Kisah Yudhi Ammaral, Pengemudi Ojol yang Terjang Banjir Jakarta demi Antar Pesanan

Butuh perbaikan rel

Bahkan, banjir yang terjadi tidak hanya membuat rel tergenang, tetapi juga mengakibatkan fondasi batu balas pada rel tergerus sehingga butuh proses perbaikan.

PT KAI akan melakukan perbaikan tersebut dengan menggandeng sejumlah pihak.

Atas gangguan yang terjadi dan waktu yang dibutuhkan untuk melakukan proses perbaikan, Eva menyampaikan permohonan maaf kepada semua konsumen.

"PT KAI (Persero) Daop 1 Jakarta mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh pengguna jasa Kereta Api dampak cuaca ekstrem sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA," ujar dia.

Mempertimbangkan aspek keselamatan, PT KAI terpaksa kembali membatalkan semua perjalanan keretam, baik jarak jauh maupun lokal yang diberangkatkan dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen pada hari ini.

Baca juga: Video Viral Driver Ojek Online Terobos Banjir, Ini Tanggapan Gojek dan Grab

Eva menyebutkan, total ada 15 kereta yang mengalami pembatalan, yaitu tujuh KA keberangkatan dari Stasiun Pasar Senen dan delapan KA dari Stasiun Gambir.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.