Kompas.com - 30/01/2021, 16:33 WIB
Ilustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19 SHUTTERSTOCK/PALSANDIlustrasi vaksin virus corona, vaksin Covid-19

KOMPAS.com - Johnson & Johnson akhirnya mengumumkan efikasinya pada Jumat (29/1/2021), menyusul vaksin Covid-19 lainnya.

Diberitakan Reuters, Sabtu (30/1/2021), Johnson & Johnson mengklaim 66 persen efektif dalam mencegah Covid-19 dalam dosis tunggal.

Uji coba dilakukan terhadap hampir 44.000 sukarelawan. Tingkat perlindungan terhadap Covid-19 sedang dan parah bervariasi, dari 72 persen di Amerika Serikat, 66 persen di Amerika Latin, dan 57 persen di Afrika Selatan.

Vaksin tersebut 85 persen efektif dalam menghentikan penyakit parah serta dapat mencegah rawat inap di semua wilayah dan terhadap berbagai varian virus 28 hari setelah vaksinasi.

Data menunjukkan, efek vaksin pada varian virus corona baru Afrika Selatan berkurang dibandingkan dengan virus aslinya.

Ahli penyakit menular dan kesehatan masyarakat mengatakan, vaksin itu masih dapat membantu menahan penyebaran virus dan mencegah kematian.

Baca juga: Johnson & Johnson Memulai Uji Coba Tahap Akhir Vaksin Covid-19

Tujuan utama Johnson & Johnson adalah pencegahan Covid-19 sedang hingga parah.

"Itu berpotensi melindungi ratusan juta orang dari hasil serius dan fatal Covid-19," kata Kepala Petugas Ilmiah Johnson & Johnson, Paul Stoffels. 

Johnson & Johnson berencana untuk meminta izin penggunaan darurat dari BPOM (Food and Drug Administration) AS pada pekan depan dan akan segera menindaklanjuti dengan Uni Eropa dan seluruh dunia.

Selain itu, J & J berencana memberikan 1 miliar dosis vaksin, yang akan dibuat di Amerika Serikat, Eropa, Afrika Selatan, dan India pada 2021.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X