Kemendikbud Buka Pendaftaran Guru Penggerak Angkatan 3, Apa Itu?

Kompas.com - 23/01/2021, 17:05 WIB
Tangkapan layar dari Instagram perihal pendaftaran seleksi calon peserta dan pengajar praktik pendidikan guru penggerak angkatan 3. InstagramTangkapan layar dari Instagram perihal pendaftaran seleksi calon peserta dan pengajar praktik pendidikan guru penggerak angkatan 3.

 

KOMPAS.com – Kemendikbud melalui akun Instagramnya @kemdikbud.ri mengumumkan bahwa Pendaftaran Program Guru Penggerak (PGP) Angkatan 3 telah dibuka.

Adapun jadwal pendaftaran calon peserta pendidikan guru penggerak bagi guru akan dibuka mulai 18 Januari-15 Maret 2021.

Sedangkan Pendaftaran Calon Pengajar Praktik (Pendamping) Pendidikan Guru Penggerak bagi Guru Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah dan Praktisi Pendidikan dibuka pada 18 Januari – 15 Maret 2021.

Baca juga: Curhatan Seorang Guru di Tengah Pandemi Corona...

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kemdikbud.RI (@kemdikbud.ri)

Baca juga: Saat Masa Studi SMK Setara dengan Diploma Satu...

Lantas apa itu guru penggerak?

Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan Praptono menjelaskan, guru penggerak adalah pemimpin pembelajaran yang mendorong tumbuh kembang murid secara holistik, aktif dan proaktif dalam mengembangkan pendidik lainnya untuk mengimplementasikan pembelajaran yang berpusat kepada murid.

Selain itu, Guru Penggerak menjadi teladan dan agen transformasi ekosistem pendidikan untuk mewujudkan profil pelajar Pancasila.

Praptono menjelaskan, nantinya para guru penggerak ini akan mengajar di sekolah masing-masing.

“Mereka tetap akan mengajar di sekolah masing-masing tetapi menerapkan pembelajaran dengan paradigma baru,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (23/1/2021).

Baca juga: Sering Salah Arti, Ini Beda antara PNS dan ASN

Ia menjelaskan tahapan untuk menjadi Guru Penggerak dimulai dengan tahapan seleksi dan mengikuti program pendidikan guru penggerak selama 9 bulan yang terdiri dari kelas pelatihan daring, lokakarya dan pendampingan.

Program guru penggerak angkatan satu, dua dan tiga menurutnya menyasar 56 daerah kabupaten kota.

"Angkatan 1, 2 dan 3 masing-masing 56 kabupaten, kota dan pada akhirnya akan seluruh Indonesia," katanya lagi.

Baca juga: Selain PJJ, Adakah Metode Pembelajaran Lain yang Bisa Diterapkan?

Halaman Selanjutnya
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X