Indonesia Didominasi Generasi Milenial dan Generasi Z, Apa Plus Minusnya?

Kompas.com - 23/01/2021, 16:32 WIB
Ilustrasi ThinkstockphotosIlustrasi

KOMPAS.com - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis hasil Sensus Penduduk Tahun 2020 (SP2020) pada Kamis (21/1/2021).

Jumlah penduduk Indonesia hingga September 2020 tercatat sebanyak 270,20 juta jiwa, bertambah 32,56 juta jiwa dibandingkan sensus penduduk 10 tahun lalu.

Dalam rilis tersebut disebutkan bahwa komposisi penduduk di Indonesia didominasi oleh Generasi Z dan Milenial dengan masing-masing sebanyak 27,94 persen dan 25,87 persen.

Generasi Z adalah mereka yang lahir pada 1997-2012 dan Generasi Milenial lahir pada tahun 1981-1996. Dengan demikian, Indonesia didominasi oleh usia produktif.

Apa dampaknya bagi Indonesia?

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF) Bhima Yudhistira menjelaskan, ada plus dan minus dari mendominasinya generasi milenial dan generasi Z.

Hal positifnya, kelas produktif usia milenial dan gen Z akan mendorong percepatan indonesia masuk ke revolusi industri 4.0.

"Mereka terkenal mudah beradaptasi dengan teknologi, bukan hanya sebagai konsumen tapi juga creator," kata Bhima saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (23/1/2021).

Baca juga: Mendominasi Penduduk Indonesia, Mari Mengenal Generasi Z dan Milenial

Ia menyebutkan, posisi Indonesia dalam startup di dunia sudah masuk ke peringkat 5 besar dari sisi jumlah dengan total 2.200 usaha startup berdasarkan data startup ranking.

Hal tersebut menjadi bukti masa depan ekonomi digital ada di Indonesia. Akan tetapi, hal itu juga tidak boleh membuat bangsa Indonesia lengah.

Bhima mengatakan, ada tantangan yang cukup besar dengan banyaknya generasi milenial dan generasi Z di Indonesia.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X