[KLARIFIKASI] Foto Jokowi Kunjungi Kabupaten Hulu Sungai Tengah

Kompas.com - 23/01/2021, 13:30 WIB
Ilustrasi klarifikasi KOMPAS.com/AKBAR BHAYU TAMTOMOIlustrasi klarifikasi
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
klarifikasi

klarifikasi!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, ada yang perlu diluruskan terkait informasi ini.

KOMPAS.com - Sebuah foto menampilkan sosok Presiden Joko Widodo tengah duduk dengan mengenakan celana hitam dan kemeja putih di sebuah ruangan, beredar di media sosial.

Gambar itu disebut diambil di Desa Birayang, Kecamatan Batang Alai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan.

Namun dari hasil penelusuran, foto tersebut diambil di Desa Giri Roto, Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

Narasi yang beredar

Sebuah foto Presiden Jokowi mengenakan kemeja putih tengah duduk di sebuah ruangan yang nampak sederhana, beredar di media sosial.

Di dalam ruangan yang nampak remang itu, terdapat sebuah lemari, dan satu buah meja lengkap beserta sejumlah penganan ringan dan air mineral, persis di hadapan presiden.

Foto dinarasikan sebagai kehadiran Jokowi secara tiba-tiba di wilayah Desa Birayang, Kecamatan Batang Alai Selatan, Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan sehingga membuat masyarakat di sana kaget.

Di dalam foto itu, terdapat tanda lokasi "Birayang, Hulu Sungai Tengah".

Kemudian ada narasi di bawahnya menggunakan Bahasa Banjar seperti ini:

"Datang kd bahabar sekalinya,, sungai hulu tengah" atau berarti "Sekalinya datang tidak berkabar, Hulu Sungai Tengah".

Foto dan keterangan tersebut semula terdapat di status WhatsApp seseorang, kemudian di-capture dan diunggah ulang di Facebook pada pertengahan Januari 2021 lalu.

Tangkapann layar unggahan Facebook yang menyebut Presiden Joko Widodo tengah ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan SelatanFacebook Tangkapann layar unggahan Facebook yang menyebut Presiden Joko Widodo tengah ada di Kabupaten Hulu Sungai Tengah, Kalimantan Selatan

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X