Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Bahan Kandungan dalam Skincare, Manfaat dan Cara Kerjanya

Kompas.com - 20/01/2021, 07:05 WIB
Retia Kartika Dewi,
Rizal Setyo Nugroho

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki kulit wajah yang mulus, lembap, dan cerah berseri merupakan dambaan setiap orang, utamanya perempuan. 

Karena itu banyak upaya dilakukan untuk mewujudkannya, salah satunya dengan rutin menggunakan skincare atau perawatan kulit. 

Ada beberapa bahan skincare yang saat ini banyak digunakan untuk perawatan kulit di antaranya retinol, ceramide, niacinamide, dan kolagen.

Baca juga: Perseteruan Kartika Putri dengan Richard Lee, Berawal dari Review Produk Skincare

Dokter spesialis kulit RSUD Prof Dr Margono Soekarjo, Purwokerto, dr Ismiralda Oke Putranti, mengatakan, penting untuk mengetahui kandungan dalam produk perawatan kulit. Termasuk kesesuaian dengan jenis kulit serta permasalahan kulit yang sedang dialami.

"Sering kali kita melihat berbagai macam produk dengan kandungan yang mengklaim memberikan efek yang fantastis. Sehingga mudah terbujuk untuk membeli tanpa melihat lagi apakah memang itu yang kita perlukan untuk kulit kita," ujar Oke saat dihubungi Kompas.com, Selasa (19/1/2021).

Sebelum menggunakan salah satu dari empat bahan yang viral di medsos itu, berikut rincian dan fungsi dari kandungannya:

Baca juga: Skincare Berbahan Tumbuhan Jadi Andalan The Face Shop

1. Retinol

Oke menjelaskan, retinol merupakan bentuk sediaan yang paling ringan dan mempunyai efek samping yang minimal, sehingga menjadi bahan kandungan produk perawatan kulit yang mendapatkan izin edar langsung kepada konsumen.

Zat ini memiliki keistimewaan dalam bekerja, menormalisasi pertumbuhan dan pergantian kulit, sehingga akan memperbaiki masalah kulit yang kusam.

Selain itu juga akan merangsang produksi kolagen dan elastin sehingga kulit akan tampak lebih kencang, mengurangi kerut dan garis-garis halus serta menghaluskan permukaan kulit.

"Retinoid juga dapat membuat kulit tampak lebih cerah dan mengurangi masalah pigmentasi," ujar Oke.

Baca juga: Belajar dari Kasus Richard Lee dan Kartika Putri soal Skincare, Ini Bahaya Merkuri dan Hidrokuinon

Cara kerjanya menormalkan pertumbuhan dan pergantian kulit sehingga menghambat pembentukan komedo, juga membantu proses penyembuhan sehingga dapat memperbaiki bekas-bekas jerawat.

Namun, hal yang perlu diperhatikan adalah meskipun banyak manfaatnya, zat ini juga merupakan bahan yang bersifat iritatif karena dalam bekerjanya akan membuat pengelupasan kulit dan iritasi.

Oke menambahkan, kandungan yang umum digunakan yakni berkisar 0.1 persen hingga 1 persen.

Baca juga: Tak Ribet, J.Lo Cuma Pakai 3 Produk Skincare di Malam Hari

2. Niacinamide

Niacinamide merupakan salah satu bentuk vitamin B3 yang menjadi primadona dalam dunia skincare.

Zat aktif ini memiliki kemampuan hampir untuk semua masalah kulit, mulai dari kulit berjerawat, kulit berminyak, hingga warna kulit tak merata.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com