10 Negara dengan Paspor Terkuat dan Terlemah di Dunia 2021

Kompas.com - 19/01/2021, 20:31 WIB
Ilustrasi paspor Inggris. SHUTTERSTOCKIlustrasi paspor Inggris.

KOMPAS.com - Paspor merupakan salah satu dokumen yang wajib dimiliki seseorang untuk bepergian dan memasuki wilayah negara lain.

Izin untuk memasuki suatu negara tentu berpegang pada aturan yang dimiliki oleh masing-masing negara.

Ada sejumlah pertimbangan yang dimiliki, misalnya dengan melihat kondisi yang tengah terjadi, misalnya pandemi seperti saat ini di mana masing-masing negara memiliki kebijakan yang berbeda-beda, bisa juga berdasarkan hubungan yang terbentuk antar negara tersebut.

Baca juga: Berikut Cara Membuat Paspor untuk Lansia, Tidak Perlu Antre Online

Berikut ini adalah 10 paspor dengan kekuatan tertinggi dan terendah 2021, berdasarkan Passport Index yang dikeluarkan oleh Arton Capital:

Paspor terkuat:

1. Jerman: 135 negara

2. Swedia dan Spanyol: 134 negara

3. Denmark, Finlandia, dan Swiss: 133 negara

4. Belanda, Perancis, Portugal, Austria, Luksemburg, Italia, Yunani, Norwegia, Irlandia, Britania Raya, dan Selandia Baru: 132 negara

5. Belgia, Polandia, Lithuania, dan Hungaria: 131 negara

Baca juga: Berikut 10 Raja Terkaya di Dunia

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X