Kompas.com - 17/01/2021, 18:01 WIB

KOMPAS.com - Saffron kini menjadi salah satu rempah yang dicari, dan banyak digunakan. Tanaman ini dipercaya memiliki sejumlah manfaat untuk kesehatan.

Saffron berasal dari kepala putik dan benang di dalam bunga Crocus sativus. Saffron merupakan salah satu rempah termahal di dunia, yang harus dipanen secara manual.

Di sejumlah situs, saffron dijual dengan harga 3.500-160.000 dollar AS per kilogram atau sekitar 52.500.000 hingga RP 2,4 miliar per kilo (dengan kurs 1 dollar AS = Rp 15.000), tergantung pada kualitasnya.

Melansir Web MD, rempah ini sering digunakan untuk mengatasi depresi, kecemasan, penyakit Alzheimer, kram menstruasi (disminore), dan sindrom pramenstruasi (PMS).

Saffron mengandung bahan kimia yang mengubah suasana hati, membunuh sel kanker, mengurangi pembengkakan, dan bertindak seperti antioksidan.

Apa saja manfaat saffron?

Berikut manfaat kesehatan saffron, melansir Healthline dan Medical News Today:

1. Antioksidan

Saffron mempunyai antioksidan tinggi, dengan kandungannya seperti crocin, pricrocrocin, safranal, kaempferol, dan crocetin.

Antioksidan mampu melawan stres oksidatif dan radikal bebas dalam tubuh.

Seperti diketahui, stress oksidatif dan radikal bebas dapat menyebabkan kanker dan penyakit jantung.

2. Mencegah gangguan sistem saraf

Antioksidan pada saffron dapat berperan dalam melindungi tubuh dari gangguan yang mempengaruhi sistem saraf.

Halaman:

Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.