[HOAKS] Cairan yang Disuntikkan kepada Presiden Jokowi Bukan Vaksin, tetapi Vitamin atau Air Tajin

Kompas.com - 14/01/2021, 14:34 WIB
Ilustrasi hoaks ShutterstockIlustrasi hoaks
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Di media sosial, tersebar unggahan dengan narasi cairan yang disuntikkan kepada Presiden Joko Widodo sebagai penerima pertama vaksin Covid-19 bukan vaksin Sinovac, melainkan cairan vitamin dan air tajin. 

Berdasarkan konfirmasi yang dilakukan Kompas.com, informasi yang beredar tersebut merupakan informasi yang tidak benar alias hoaks.

Narasi yang beredar

Sejumlah akun media sosial menyebarkan unggahan dengan narasi cairan yang disuntikkan kepada Presiden Jokowi vaksin Sinovac, melainkan cairan vitamin dan air tajin.

Unggahan ini salah satunya dibagikan akun Facebook Muhammad Faris Akmal.

Berikut narasinya:

"Mgkin jg yg nyuntik gmeteran karena takut ketahuan publik , kalo yg disuntikin ke do'i bukan vaksin sinovac china tp bisa jadi cairan vitamin atau air tajin ..,!! tanda2 kbohongannya mulai terbaca publik..."

Dalam unggahannya itu, akun Facebook Muhammad Faris Akmal juga membagikan link artikel sebuah portal berjudul "VIRAL Video... Jadi Sorotan Warganet, Dokter Yang Nyuntik Vaksin Jokowi Tangannya Gemeteran".

Tangkapan layar unggahan Facebook sebuah akun yang menyebut cairan yang disuntikkan kepada Presiden Jokowi bukan vaksin, melainkan vitamin atau air tajin. Informasi ini hoaks.Facebook Tangkapan layar unggahan Facebook sebuah akun yang menyebut cairan yang disuntikkan kepada Presiden Jokowi bukan vaksin, melainkan vitamin atau air tajin. Informasi ini hoaks.

Akun lainnya juga membagikan unggahan dengan narasi hampir sama, yakni akun Facebook Gondrong Arise di grup Facebook SUARA RAKYAT Demokrasi.

"Assalamualaikum"
Salam kenal tuk sobat semua yg tergabung di group ini...
Sekedar info vaksin sinovack yg aye
Posting ini berada di urutan nomor 1 dan 2 sedangkan yg nomor 3 itu adalah vitamin yg di suntikkan ke para pemberi contoh tadi siang yg tersiar di TV para pejabat negara, nah gimana menurut pendapat anda...."

Tersebar unggahan dengan narasi cairan yang disuntikkan ke Presiden Joko Widodo bukanlah vaksin Sinovac, melainkan cairan vitamin dan air tajin.FACEBOOK Tersebar unggahan dengan narasi cairan yang disuntikkan ke Presiden Joko Widodo bukanlah vaksin Sinovac, melainkan cairan vitamin dan air tajin.
Konfirmasi Kompas.com

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X