Mengapa Semakin Bertambah Usia Lingkup Pertemanan Semakin Sedikit?

Kompas.com - 07/01/2021, 10:14 WIB
Ilustrasi pertemanan vadimguzhvaIlustrasi pertemanan

KOMPAS.com - Sebuah twit berisi tentang suatu keadaan ketika seseorang semakin dewasa maka ia akan lebih mencintai dirinya sendiri dan memilih lingkup pertemanan baru-baru ini ramai di media sosial.

Twit ini ditulis oleh akun bernama Paman Bajay, @jayakabajay pada 26 Oktober 2018, dan kini kembali dimunculkan pada Rabu (6/1/2021).

"Semakin dewasa lo bakal semakin mencintai diri lo sendiri. Lo juga bakal tau orang-orang kaya gimana yang pantas ada dalam hidup lo. Yang jelas, lo bakal menghindari orang-orang yang palsu dan penuh drama karena lo cuma mau hal-hal baik buat hidup lo," tulis akun @jayakabajay.

Baca juga: Foto Viral Kalender 1971 Disebut Kembar dengan 2021, Apa Penjelasannya?

Baca juga: Viral Video Detik-detik Pengendara Motor Terlindas Truk Tronton di Jalur Pantura

Hingga Rabu (6/1/2021) sore, twit tersebut telah di-retwit sebanyak 16.200 kali dan telah disukai sebanyak 7.600 kali oleh pengguna Twitter lainnya.

Lantas, apa alasan semakin dewasa seseorang maka lingkup pertemanannya semakin terbatas?

Psikolog klinis Veronica Adesla mengungkapkan salah satu faktor yang membuat lingkup pertemanan semakin terbatas pada usia dewasa yakni aspek minat, pekerjaan, dan gaya hidup.

"Karena semakin tua sesungguhnya aktivitas dan lingkup pertemanan semakin terbatas pada apa yang menjadi pilihan dari minat kita dan apa yang menjadi keputusan kita menyangkut pilihan karier atau pekerjaan, maupun gaya hidup dalam menjalani kehidupan itu sendiri," ujar Vero saat dihubungi Kompas.com, Rabu (6/1/2021).

Baca juga: Fenomena Topi Awan yang Terjadi Serentak di 4 Gunung, Ada Apa?

Menurutnya, hal inilah yang menyebabkan pertemanan seseorang juga akan semakin terbatas pada orang-orang yang memang cocok, sejalan ataupun yang sehari-hari beraktivitas atau bekerja bersama dengan kita.

"Dalam artian, teman bukan sekadar orang yang kita kenal maupun kenal kita, melainkan teman dalam arti orang yang memiliki jalinan relasi dan interaksi dengan kita dalam kehidupan sehari-hari," lanjut dia.

Baca juga: Panduan dari Satgas Covid-19 untuk Cegah Penularan Klaster Keluarga

Kesepian

Sementara itu, orang yang merasa semakin dewasa dan lingkup pertemanannya betulan semakin menyempit cenderung kesepian.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X