Benarkah Pasien Harus Bawa Hasil Tes PCR agar Tidak Ditolak RS? Ini Penjelasan Persi

Kompas.com - 06/01/2021, 16:00 WIB
Ilustrasi pasien Covid-19. Hormon kortisol atau hormon stres yang dialami pasien Covid-19 dapat meningkatkan keparahan penyakit hingga risiko kematian. SHUTTERSTOCK/namtipStudioIlustrasi pasien Covid-19. Hormon kortisol atau hormon stres yang dialami pasien Covid-19 dapat meningkatkan keparahan penyakit hingga risiko kematian.

KOMPAS.com - Baru-baru ini beredar informasi tentang cara mendapatkan kamar perawatan di rumah sakit bagi pasien non Covid-19 yang memerlukan rawat inap.

Informasi tersebut diunggah di Twitter oleh akun Dian Adi Prasetyo @didut pada Selasa (5/1/2021).

Dalam unggahannya @didut menyertakan tangkapan layar pengalaman temannya, yang harus mengantarkan ibunya ke rumah sakit untuk dirawat inap karena penyakit non Covid-19.

Dia menceritakan bahwa ibunya sempat ditolak di Unit Gawat Darurat (UGD) rumah sakit, karena ruangan penuh.

Baca juga: Kapasitas RS Covid-19 Menipis, Perhimpunan RS Bersiaga dan Minta Ini ke Pemerintah

 

Namun, setelah menunjukkan hasil negatif Covid-19 dari tes PCR, ibunya kemudian bisa mendapat kamar untuk rawat inap.

"Jd kesimpulannya kalo emg lo mau dirawat yg non covid pastikan lo bawa hasil pcr swab lo supaya lo ga di mentalin di UGD. Kamar rawat biasanya tersedia..yg bikin ga bs dirawat krn semua hrs lewat UGD dulu dan UGD udh full,"

Benarkah harus tunjukkan hasil tes PCR sebelum dirawat di rumah sakit?

Sekretaris Jenderal Persatuan Rumah Sakit Indonesia (Persi) Lia G. Partakusuma mengatakan, saat ini rumah sakit memang lebih berhati-hati memilah pasien mana yang Covid-19 dan mana yang bukan.

Hal itu berkaitan dengan masalah penempatan ruang rawatnya.

Lia mengatakan, semua pasien diminta melewati Instalasi Gawat Darurat (IGD) sebelum dirawat, dan menjalani pemeriksaan-pemeriksaan yang diperlukan.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X