Mengapa Seseorang Bisa Mengalami Alergi Makanan Tertentu?

Kompas.com - 27/12/2020, 13:30 WIB
Ilustrasi alergi makanan Ilustrasi alergi makanan
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Alergi terkadang dialami sebagian orang saat mengonsumsi makanan tertentu. Alergi yang muncul berkaitan dengan sistem kekebalan tubuh.

National Health Service (NHS) Inggris menuliskan, alergi makanan terjadi saat sistem kekebalan tubuh memberikan reaksi yang tidak biasa terhadap makanan tertentu.

Reaksi alergi yang timbul seringkali ringan, tapi bisa menjadi sangat serius.

Gejala alergi makanan dapat memengaruhi berbagai area tubuh pada saat bersamaan.

Baca juga: Kenali Alergi pada Bayi, Gejala, Jenis hingga Obatnya

Adapun beberapa gejala umum tersebut seperti.

  • Sensasi gatal di dalam mulut, tenggorokan, atau telinga
  • Ruam merah gatal yang timbul (urtikaria) atau gatal-gatal
  • Pembengkakan wajah, sekitar mata, bibir, lidah dan langit-langit mulut (angioedema)
  • Muntah

Melansir Live Science, pada dasarnya reaksi alergi merupakan hasil dari mekanisme pertahanan tubuh terhadap penyusup asing yang secara keliru dianggap berbahaya.

Sistem kekebalan merespons ancaman tersebut dengan mengeluarkan antibodi, yang pada gilirannya memicu pelepasan bahan kimia pelindung yang membuat hidung berair, mata gatal, bahkan terkadang membuat tidak bisa bernapas.

Meskipun makanan apa pun dapat menyebabkan respons alergi, beberapa di antaranya terkenal memprovokasi sistem kekebalan.

Baca juga: Simak, Ini 15 Makanan yang Sebaiknya Dihindari agar Sistem Imun Kuat

Bahan makanan penyebab alergi

Bahan makanan penyebab alergi (alergen) antara lain kerang (udang, lobster, kepiting), kacang-kacangan dan biji-bijian (jagung, susu, kedelai, telur, dan gandum).

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (FDA), jenis-jenis makanan tersebut menyumbang 90 persen dari seluruh alergi makanan yang terjadi di AS.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X