Kenali Alergi pada Bayi, Gejala, Jenis hingga Obatnya

Kompas.com - 24/11/2020, 05:57 WIB
Ilustrasi anak sakit SHUTTERSTOCKIlustrasi anak sakit

KOMPAS.com - Seperti orang dewasa, bayi juga dapat memiliki alergi terhadap makanan yang dimakan, benda-benda yang disentuh, maupun partikel yang dihirup.

Akan tetapi ketika bayi tidak memiliki gejala ap apun, mungkin sulit untuk mencari tahu apakah bayi memiliki alergi atau tidak.

Dikutip Healthline, secara umum alergi pada bayi terbagi menjadi 3 jenis, yaitu:

  1. makanan dan obat-obatan
  2. lingkungan
  3. musiman

Baca juga: Simak, Ini 15 Makanan yang Sebaiknya Dihindari agar Sistem Imun Kuat

Reaksi alergi terhadap makanan atau obat biasanya terjadi segera setelah suatu barang dikonsumsi. Bisa sangat ringan bahkan bisa mengancam nyawa.

Alergi lingkungan bisa berupa benda yang menyentuh kulit bayi (seperti detergen pada pakaian) atau benda yang terhirup (seperti debu). Alergi lingkungan dapat memengaruhi bayi Anda sepanjang tahun.

Alergi musiman, bagaimanapun, biasanya menjadi masalah selama beberapa waktu tertentu atau di lokasi tertentu. Mereka cenderung berasal dari luar ruangan misalnya pohon atau tanaman lain yang tumbuh di daerah tersebut.

Baca juga: Viral Pewarna Makanan Karmin Berasal dari Kutu Daun, Ini Penjelasan LIPI

Tanda-tanda alergi

Reaksi alergi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh bereaksi secara tidak normal terhadap hal-hal yang biasanya tidak berbahaya.

Tanda-tanda reaksi alergi bisa sangat bervariasi tergantung pada individu dan jenis alerginya.

Kemungkinan untuk mengidap banyak alergi pada bayi kemungkinannya jauh lebih kecil daripada anak-anak, karena seseorang harus terpapar pada beberapa hal untuk beberapa waktu sebelum menjadi alergi.

Baca juga: Viral, Video Kuda Laut Jantan Lahirkan Bayi, Benarkah Demikian?

Alergi makanan dan obat-obatan

Gejala alergi makanan atau obat muncul dalam beberapa menit, bahkan satu atau dua jam kemudian.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X