Wapres AS Mike Pence Disuntik Vaksin Covid-19 Pfizer, Trump Kapan?

Kompas.com - 19/12/2020, 08:20 WIB
Wakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence menjawab pertanyaan selama debat calon wakil presiden (cawapres), Rabu (7/10/2020), di Kingsbury Hall di kampus University of Utah, Salt Lake City, Utah, AS. AP Photo/Morry GashWakil Presiden Amerika Serikat (AS) Mike Pence menjawab pertanyaan selama debat calon wakil presiden (cawapres), Rabu (7/10/2020), di Kingsbury Hall di kampus University of Utah, Salt Lake City, Utah, AS.

KOMPAS.com - Wakil Presiden Amerika Serikat  Mike Pence menerima suntikan vaksin Covid-19 pada Jumat (18/9/2020) pagi waktu setempat.

Diberitakan NBC News, vaksin yang diberikan merupakan buatan Pfizer-BioNTech yang sudah disetujui penggunaan daruratnya oleh Badan Pengawan Obat dan Makanan AS (FDA).

Penyuntikan vaksin dilakukan di Gedung Kantor Eisenhower Executive, dekat Gedung Putih, oleh tim medis dari Walter Reed Militer Medical Center Nasional.

Mike Pence menjadi pejabat tertinggi AS pertama yang disuntik vaksin virus corona dan disiarkan secara langsung di televisi nasional.

Selain itu, istrinya, Karen Pence, dan jenderal ahli bedah AS, Jerome Adams, juga menerima suntikan selama acara Gedung Putih yang disiarkan televisi.

Baca juga: Muncul Rumor Trump Paksa Kepala BPOM-nya AS Setujui Vaksin Pfizer

Acara tersebut dihadiri Robert Redfield selaku kepala Pusat Pengendalian dan Perlindungan Penyakit serta Dr Anthony Fauci selaku pakar penyakit menular terkemuka di negara itu.

"Keyakinan pada vaksin itulah yang membawa kita ke sini pagi ini. Saya tidak merasakan apa-apa. Sudah selesai dilakukan dengan baik," kata Pence dikutip dari The Guardian, Jumat (18/12/2020).

Pence mengatakan vaksinasi sebagai keajaiban medis. Ia meyakinkan orang AS bahwa ada harapan di tengah lonjakan kasus Covid-19 di seluruh negeri.

Acara yang disiarkan televisi itu terjadi di tengah kekhawatiran peluncuran vaksin di AS dapat terhambat oleh keraguan dari orang-orang atas otorisasi yang cepat, gerakan anti-vaxxer, dan skeptisisme dari beberapa komunitas kulit hitam karena ketidakpercayaan historis terhadap institusi.

Dalam beberapa hari terakhir, Fauci telah menganjurkan agar Pence, Joe Biden, dan Kamala Harris mendapatkan vaksinasi sesegera mungkin untuk alasan keamanan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X