Hasil Tak Menjanjikan, Vaksin Covid-19 Sanofi Baru Tersedia pada Akhir 2021

Kompas.com - 11/12/2020, 18:32 WIB
Ilustrasi vaksin corona SHUTTERSTOCK/PalSandIlustrasi vaksin corona

KOMPAS.com - Pengembang vaksin Sanofi-GlaxoSmithKline (GSK) dari Inggris pada Jumat (11/12/2020) mengatakan vaksin mereka tidak akan siap sampai akhir 2021.

Pernyataan ini muncul setelah hasil sementara menunjukkan respons kekebalan yang rendah pada orang tua.

Mereka berencana untuk memulai studi lain Februari mendatang dengan harapan mendapatkan hasil yang lebih efektif pada akhir 2021.

Baca juga: Menilik Perbandingan Vaksin Corona Pfizer dengan Sinovac, Apa Saja?

Berita tersebut muncul sebagai kekecewaan bagi salah satu vaksin Covid-19 terdepan yang mengandalkan desain lebih konvensional daripada Pfizer/BioNTech.

Ini juga merupakan pukulan bagi banyak pemerintah, termasuk Uni Eropa, Amerika Serikat, Kanada, dan Inggris, yang telah memesan ratusan juta dosis suntikan.

Penundaan dan uji coba tambahan bukanlah hal yang aneh, tetapi kemunduran tersebut menyoroti tantangan dalam mengembangkan vaksin.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Hasil studi sementara menunjukkan tanggapan kekebalan yang sebanding dengan pasien yang sembuh dari Covid-19 pada orang dewasa berusia 18 hingga 49 tahun," kata perusahaan itu dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Reuters, Jumat (11/12/2020).

Baca juga: Mengenal Vaksin Sinovac yang Telah Tiba di Indonesia

"Akan tetapi, tanggapan kekebalan yang rendah pada orang tua kemungkinan besar karena konsentrasi antigen yang tidak mencukupi," lanjutnya.

Studi terbaru

Ilustrasi vaksinasi pada lansiaSHUTTERSTOCK/BaLL LunLa Ilustrasi vaksinasi pada lansia

Sanofi mengatakan akan meluncurkan studi fase 2b pada Februari 2020.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X