Hari Ini dalam Sejarah: UNICEF Berdiri untuk Membantu Anak-anak di Dunia

Kompas.com - 11/12/2020, 09:02 WIB
Seorang anak menerima baju bantuan UNICEF. UNICEFSeorang anak menerima baju bantuan UNICEF.

KOMPAS.com - Hari ini 74 tahun lalu, tepatnya 11 Desember 1946, Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) menyetujui berdirinya United Nations International Children’s Emergency Fund (UNICEF).

UNICEF adalah sebuah organisasi yang membantu memberikan bantuan dan dukungan kepada anak-anak yang tinggal di negara-negara yang hancur akibat perang.

Dilansir History, UNICEF didirikan sebagai respons atas berakhirnya Perang Dunia II yang mengakibatkan krisis pangan dan medis dalam skala global pada akhir 1940-an.

Setelah krisis akibat Perang Dunia II teratasi, organisasi itu melakukan perannya sebagai organisasi bantuan bagi anak-anak yang tinggal di berbagai negara.

Di lebih dari 190 negara dan wilayah, UNICEF melakukan berbagai misi kemanusiaan untuk membantu anak-anak bertahan hidup, berkembang, dan menggali potensi mereka, dari masa kanak-kanak hingga remaja.

UNICEF berperan sebagai penyedia layanan kesehatan, air bersih dan sanitasi, pendidikan berkualitas, pencegahan dan pengobatan HIV untuk ibu-bayi, serta perlindungan anak dan remaja dari kekerasan dan eksploitasi.

Baca juga: UNICEF: Risiko Cyber Bullying Semakin Besar di Masa Pandemi Covid-19

Penerima Nobel Perdamaian

Dikutip dari Britannica, setelah tahun 1950, UNICEF mengarahkan upayanya pada program-program umum untuk peningkatan kesejahteraan anak-anak, khususnya di negara-negara kurang berkembang dan dalam berbagai situasi darurat.

Organisasi yang bermarkas di New York, Amerika Serikat, itu mengubah namanya pada 1953, menjadi United Nations Children's Fund, sekaligus memperluas cakupan misi mereka.

Berkat kontribusinya, UNICEF dianugerahi Penghargaan Nobel di bidang Perdamaian pada 1965. 

Sejak 1996 program-program UNICEF dilaksanakan berdasar Konvensi Hak Anak (1989), yang menegaskan hak semua anak untuk menikmati standar kesehatan tertinggi yang dapat dicapai dan fasilitas untuk perawatan penyakit serta rehabilitasi kesehatan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X