Situs Kuno Pemujaan Kaisar Berusia 1.500 Tahun Digali di China Utara

Kompas.com - 21/11/2020, 13:45 WIB
Situs Pemujaan Kekaisaran berusia 1.500 di Mongolia, China Utara Inner Mongolia Autonomous Region Institute of Cultural Relics and ArchaeologySitus Pemujaan Kekaisaran berusia 1.500 di Mongolia, China Utara

KOMPAS.com - Arkeolog di Wilayah Otonom Mongolia, China Utara telah menggali sebuah situs pemujaan kekaisaran berusia 1.500 tahun yang menyerupai Kuil Surga di Beijing. 

Melansir Xinhua, (30/11/2020), situs tersebut adalah tempat di mana Kaisar Xiaowen dari Dinasti Wei Utara (386-557) berdoa.

Menurut Deputi Kepala Institut Penelitian Regional untuk Relik Budaya dan Arkeologi Zhang Wenping, situs ini merupakan bagian dari reruntuhan di Gunung Daqing di wilayah Wuchuan, ibu kota Hohhot.

Zhang mengungkapkan bahwa ini adalah pertama kalinya mereka melakukan penggalian pada situs pemujaan dari Dinasti Wei Utara.

"Meskipun ada banyak catatan sejarah yang berhubungan dengan situs pemujaan kekaisaran di Dinasti Wei Utara, tidak ada situs yang ditemukan sebelumnya," kata dia. 

Baca juga: Arkeolog China Temukan Pemandian Kuno Dinasti Tang Berusia 1.100 Tahun

 

Reruntuhan tersebut ditemukan pada tahun 1980-an, tetapi tidak dilakukan penggalian hingga tahun 2019.

Melansir China Daily, (4/11/2020), dalam beberapa tahun terakhir, masyarakat lokal telah bercocok tanam di sekitaran situs. Kondisi ini pun semakin menjadi penyebab kerusakan situs.

Oleh karena itu, dinilai perlunya dilakukan tindakan secepat mungkin untuk mengklarifikasi dan melindungi situs tersebut dengan tepat.

Menurut pihak berwenang di wilayah tersebut, pertimbangan itu tidak terlepas dari pentingnya situs ini bagi wilayah setempat.

Temuan tulang dan tembikar

Selama penggalian, sebuah bangunan berbentuk lingkaran dengan diameter dalam sebesar 15,5 meter ditemukan.

Halaman:

Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X