Rencana Jepang Buang Jutaan Ton Air Limbah Nuklir ke Laut, Apa Dampaknya?

Kompas.com - 26/10/2020, 17:45 WIB
Reaktor Nomor 6 (kanan) dan No 7 di PLTN Kashiwazaki-Kariwa. AP via The GuardianReaktor Nomor 6 (kanan) dan No 7 di PLTN Kashiwazaki-Kariwa.

KOMPAS.com – Ledakan reaktor nuklir di Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima menjadi bencana nuklir hebat di Jepang pada tahun 2011 silam.

Bencana tersebut membesar ketika gempa membawa kebocoran reaktor nuklir Daiichi Fukushima Jepang. Hasil penelitian memperkirakan jumlah kontaminasi nuklir mencapai 42 persen.

Setelah dibangunkan tangki raksasa untuk menyimpan air radioaktif, kini tangki tersebut sudah hampir penuh.

Pemerintah Jepang mulai kebingungan bagaimana mengatasi permasalahan tersebut.

Kini pemerintah Jepang menghadapi kontroversi terkait bagaimana cara membuang 1,23 juta metrik ton air yang disimpan di pabrik itu.

Air ini dinilai berbahaya karena mengandung isotop radioaktif karbon-14 serta mengandung radionuklida.

Bisa mengubah DNA manusia

Organisasi Lingkungan Greenpeace memperingatkan bahwa melepaskan air dari pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima Daiichi yang terkontaminasi ke laut menimbulkan risiko.

Sebab air tersebut mengandung karbon radioaktif yang berpotensi mengubah dan merusak DNA manusia.

Baca juga: Abaikan Protes Nelayan, Jepang Akan Buang Limbah Radioaktif Fukushima ke Laut

Selain itu juga memberikan konsekuensi jangka panjang serius bagi masyarakat dan lingkungan jika sampai dilepaskan ke Samudera Pasifik.

Dikutip dari CNN, guna mendinginkan inti bahan bakar di pembangkit listrik tenaga nuklir Fukushima yang rusak, Tokyo Electric Power Company (TEPCO) memompa ribuan ton air selama bertahun-tahun.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X