[HOAKS] Akun WhatsApp Catut Nama PPATK

Kompas.com - 03/10/2020, 10:00 WIB
Akun WhatsApp mengatasnamakan PPATK dengan modus penipuan. TwitterAkun WhatsApp mengatasnamakan PPATK dengan modus penipuan.
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Beredar akun WhatsApp mengatasnamakan PPATK dengan modus permintaan transfer dana. 

Pusat Pelaporan dan Analisis Transaksi Keuangan (PPATK) menyatakan terdapat sejumlah akun palsu di WhatsApp yang mencatut nama PPATK, salah satunya di nomor telepon 085824837719.

Akun tersebut menghubungi pengguna WhatsApp lain menginformasikan bahwa pengguna tersebut menerima transfer dana dari luar negeri. Agar proses berlanjut, dibutuhkan legalitas atau sertifikasi keuangan. Informasi lantas berujung pada permintaan sejumlah dana.

PPATK menegaskan, informasi tersebut adalah penipuan.

"PPATK tidak pernah memungut biaya apapun, terkait pelayanan yang telah diberikan kepada publik," tulis PPATK dalam akun resminya di Facebook, Kamis (1/10/2020).

Soal sertifikat, PPATK mengingatkan bahwa pihaknya hanya mengeluarkan produk berupa Hasil Analisis, Hasil Pemeriksaan, Informasi, dan Rekomendasi kepada Mitra Kerja Strategis (KPK, BNN, Kejaksaan Agung, Polri, Ditjen Bea & Cukai, dan Ditjen Pajak.

Sertifikat palsu mengatasnamakan PPATK.Instagram Sertifikat palsu mengatasnamakan PPATK.

PPATK meminta masyarakat berhati-hati terhadap beredarnya akun palsu WhatsApp Business PPATK. PPATK juga meminta masyarakat untuk mengabaikan oknum yang mengatasnamakan PPATK dan meminta transfer sejumlah dana. 

"Segera laporkan kepada pihak yang berwajib apabila mengalami dan menemui modus seperti ini," tulis PPATK dalam akun Twitternya, @PPATK, Jumat (25/9/2020).

Masyarakat juga dapat mengontak PPPATK di call center PPATK di nomor 021-50928484 atau kirim email ke contact-us@ppatk.go.id untuk mengonfirmasi kebenaran informasi.

Selain lewat Facebook dan Twitter, penjelasan PPATK soal penipuan semacam ini dilayangkan di akun Instagram ppatk_indonesia.


Rekomendasi untuk anda
25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X