Di Ambang Resesi, Bagaimana Tips Mengatur Keuangan yang Baik?

Kompas.com - 22/09/2020, 20:45 WIB
Ilustrasi uang psphotographIlustrasi uang
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Menteri Keuangan Sri Mulyani memproyeksikan pertumbuhan ekonomi  Indonesia pada kuartal III tahun 2020 minus antara 1,1 persen hingga 2,9 persen.

Bahkan, diberitakan Kompas.com pada Selasa (22/9/2020), pertumbuhan ekonomi Tanah Air di tengah pandemi virus corona hingga akhir tahun akan berada di kisaran minus 1,7 persen hingga minus 0,6 persen.

Meski demikian, pemerintah masih mengupayakan pertumbuhan ekonomi pada kuartal IV mendatang bisa mendekati 0.

Sebelumnya, Kompas.com memberitakan pada 5 Agustus 2020, pertumbuhan ekonomi Indonesia kuartal II 2020 minus 5,32 persen.

Sehingga, apabila pada kuartal III 2020 kembali minus, perekonomian Indonesia masuk dalam kategori resesi teknis karena 2 kuartal berturut minus.

Dilansir Forbes, resesi merupakan kondisi terjadi penurunan signifikan dalam kegiatan ekonomi yang berlangsung berbulan-bulan bahkan bertahun-tahun.

Baca juga: Indonesia di Ambang Resesi, Apa Dampaknya pada Masyarakat?

Dampak resesi

Ekonom Institute for Development of Economics and Finance (INDEF), Bhima Yudhistira Adhinegara, mengatakan resesi akan berdampak secara langsung terhadap daya beli masyarakat yang menurun.

Hal ini mengartikan kebutuhan masyarakat dan pendapatan tidak sebanding.

"Sementara untuk mendapatkan pinjaman atau utang tidak mudah," kata Bhima saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Selain itu, resesi juga akan menyebabkan pemutusan hubungan kerja (PHK) massal di berbagai sektor.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X