Simak, Tips Mencegah Penularan Corona saat Terpaksa Mengungsi

Kompas.com - 22/09/2020, 19:29 WIB
Tampilan banjir Jakarta di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur, dari helikopter yang mengangkut Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat mereka meninjau kondisi banjir terkini pada Rabu (1/1/2020). DOKUMENTASI BNPBTampilan banjir Jakarta di kawasan Kampung Melayu, Jakarta Timur, dari helikopter yang mengangkut Kepala BNPB Doni Monardo dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, saat mereka meninjau kondisi banjir terkini pada Rabu (1/1/2020).
Penulis Mela Arnani
|

KOMPAS.com - Bencana alam banjir telah menggenangi sejumlah wilayah di Indonesia.

Terbaru, banjir menggenang beberapa daerah di Jakarta dan Sukabumi, Jawa Barat.

Tak hanya membuat ruas jalan dan rumah terendam air, banjir jugai memaksa sejumlah orang mengungsi.

Seperti diketahui, banjir kali ini terjadi di tengah pandemi virus corona, kasus infeksi Covid-19 di Indonesia pun terus merangkak naik.

Lantas, bagaimana tips mencegah penularan Covid-19 saat terpaksa mengungsi?

Epidemiolog Griffith University, Dicky Budiman, menjelaskan yang pertama perlu dipahami adalah Covid-19 bukan penyakit yang ditularkan melalui air.

"Artinya potensi penularan melalui air sangat kecil, hampir dikatakan tidak ada," kata Dicky saat dihubungi Kompas.com, Selasa (22/9/2020).

Meski begitu, ada hal lain yang harus diperhatikan saat terpaksa mengungsi di tengah pandemi virus corona.

Terlebih, kata dia, tempat pengungsian berpotensi membuat perkumpulan orang-orang.

Baca juga: Katulampa Siaga 1, Sejumlah Warga Rawajati Sempat Mengungsi

Dicky mengatakan, saat terpaksa harus mengungsi, hal yang wajib diperhatikan adalah interaksi antarorang. Setiap orang harus tetap menjaga jarak.

Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X