[HOAKS] Narasi Video Diklaim Banjir Bandang di Sukabumi, Jawa Barat

Kompas.com - 22/09/2020, 18:41 WIB
Ilustrasi hoaks, hoax ShutterstockIlustrasi hoaks, hoax
Penulis Tim Cek Fakta
|
EditorTim Cek Fakta
hoaks

hoaks!

Berdasarkan verifikasi Kompas.com sejauh ini, informasi ini tidak benar.

KOMPAS.com - Sebuah video yang diklaim sebagai video banjir besar di Sukabumi, Jawa Barat, pada 21 September 2020 beredar di media sosial.

Faktanya, video itu adalah video banjir di Jepang pada 2011. Maka, narasi banjir bandang di Sukabumi yang dikaitkan dengan video tersebut tidak benar.

Narasi yang Beredar

Di media sosial Facebook, sejumlah akun mengunggah video dengan narasi video tersebut adalah rekaman banjir bandang di Sukabumi.

Di dalam video itu, terekam kondisi banjir besar menghanyutkan puing rumah dan kendaraan.

Banjir meluap hingga menabrak pembatas jalan. Banjir lantas menyeret deretan mobil yang tengah diparkir.

Salah satu akun di Facebook yang mengunggah video tersebut dengan narasi banjir bandang di Sukabumi adalah Oom Bayu Nasution. Dia mengunggah video berdurasi 1 menit 20 detik itu pada Selasa (22/9/2020) disertai kalimat berikut:

"Subhannallah allahuakbar
Pray for cicuruk sukabumi jawa barat
Banjir bandang 21 september 2020"

Unggahannya sudah dibagikan 222 kali dan ditonton 6.800 kali. Video serupa juga diunggah akun Facebook Cindy Saputra.

Potongan gambar video dengan klaim yang tidak tepat, yakni banjir bandang di Sukabumi, Jawa Barat.Facebook Potongan gambar video dengan klaim yang tidak tepat, yakni banjir bandang di Sukabumi, Jawa Barat.

Sementara, akun Facebook Ferdinan Sule mengunggah video yang nyaris sama dengan video yang dibagikan dua akun di atas. Namun, ada sejumlah gambar dalam video berdurasi 4 menit 30 detik itu tidak ada di dalam video yang diunggah Oom Bayu Nasution.

Narasi yang dibagikan akun Ferdinan Sule adalah banjir bandang di Sukabumi, Jawa Barat.
Hingga Selasa (22/9/2020, unggahan Ferdinan Sule mendapat 533 komentar dan sudah dibagikan 1.000 kali serta ditonton 67.000 kali.

HOAKS ATAU FAKTA?

Jika Anda mengetahui ada berita viral yang hoaks atau fakta, silakan klik tombol laporkan hoaks di bawah ini

closeLaporkan Hoaks checkCek Fakta Lain
Halaman:

25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar
Close Ads X